Komunitas Stand Up Comedy Pekanbaru

Stand-up Comedy (SUC) adalah sebuah pertunjukan seni berkomedi tunggal. Diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Komtung alias komedi tunggal. Tapi barangkali sebutan ini terdengar janggal oleh BroSis, maka yang menjadi terkenal adalah istilah stand-up comedy.

Di Indonesia, komunitas ini berdiri tanggal 13 Juli 2011 ditandai dengan Openmic perdana oleh Pandawa Lima (begitu para Komika menyebut 5 orang ini) yaitu Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Ryan Adriandhy, Ernest Prakasa, dan Isman HS.

Setelah openmic pertama di tanggal tersebut, virus SUC menyebar secara pesat. Dari Sabang sampai Merauke, dari Kotamadya hingga Kecamatan, ada Komunitas SUC yang semua ter-afiliasi dengan Komunitas Induk yaitu Stand-up Indo.

Mungkin BroSis bertanya, apa itu Openmic? Apa itu Comic?

Openmic adalah istilah untuk seseorang yang melakukan Latihan Stand-up Comedy. Sementara orang yang sedang melakukan SUC, disebut Comic, atau Komika dalam bahasa Indonesia.

noname

Biasanya openmic diadakan di cafe, atau kantin kampus. Selalu gratis jika mau nonton. Jika ada yang mau mencoba atau latihan, gratis! Tidak ada syarat khusus apapun untuk mencoba, bebas. The whole stage and mic are yours when it given to you. Openmic dilakukan setiap hari Jumat, mulai jam 8 malam di Warkop 45, Jalan Arifin Ahmad.

Lalu bagaimana jika BroSis ingin bergabung? Datang, lalu coba openmic. Rajin dan disiplin datang lalu berpartisipasi di setiap kegiatan komunitas adalah satu-satunya cara agar diterima dengan tangan terbuka oleh para anggota komunitas. 

Selain tempat latihan, Openmic adalah ajang silent rekrutment bagi para anak cucu Adam yang ingin bergabung ke Komunitas.

noname

Openmic perdana yang menjadi penanda langkah pertama Komunitas Stand-Up Indo Pekanbaru adalah pada hari Jumat, tanggal 4 November 2011. Lokasi Openmic saat itu di Plasa Soto. Maka bisa dihitung waktu tempuh virus SUC dari Jakarta (13 Juli) menuju Pekanbaru memakan waktu hampir empat bulan.

Menjadi komika sukses itu butuh beberapa tahapan. Faktor utamanya pasti harus LUCU. Alurnya kira-kira seperti ini.

Openmic > Lucu > ikut standup show komunitas lokal > Lucu > ikut kompetisi tv nasional > Lucu > Juara > main film/sinetron.

Sayangnya yang berhasil melewati semua step tersebut tidak banyak. Kebanyakan terhenti di ikut standup show komunitas lokal. Itu dikarenakan sulitnya menembus persaingan Nasional. Maka bagi mereka yang gagal kira-kira alurnya akan seperti ini.

Openmic > Lucu > ikut standup show komunitas lokal > Lucu > ikut kompetisi tv nasional > gagal lucu > jualan bakso bakar > lucu.

Berbicara soal stand-up show lokal, di Pekanbaru diadakan pertama kali yaitu 11 Februari 2012. Sudah banyak sekali show-show setelah itu yang diselenggarakan dengan berbagai Komika Nasional silih berganti sudah didatangkan ke Pekanbaru sebagai Guest Star. Sebut saja Raditya Dika, Ernest Prakasa, Pandji, Abdur Arsyad, Boris Bokir, Mo Sidik, dan banyak nama lainnya.

noname

Beginilah struktur kepengurusan komunitas Stand Up Comedy Pekanbaru :

Budi Iswanto (Ketua)
Jopri Sandi (Sekretaris)
Nico Afriman (Bendahara)
Adrian Alghazali & Jekson Pasaribu (Humas)
Aldian Febris (Koordinator Openmic)

Informasi lengkap terkait dengan kegiatan Stand Up Comedy Pekanbaru BroSis bisa cek di intagram @standupindo_pku atau twitter @standupindopku

Sekarang komunitas sangat berharap, dengan semakin bertambah umur komunitas ini, salah satu komika Pekanbaru yang Go Nasional bisa terwujud. Tentu semua itu tidak lepas dari dukungan masyarakat Pekanbaru yang menyukai kesenian ini. Support terus Stand-up Indo PKU, viva la komtung!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan