Kue Talam Durian Viera, Jalan Melati Simpang Jalan Naga Sakti, Pekanbaru

Jalan-jalan ke Pekanbaru kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Nah, kali ini kami akan mengulas daftar oleh-oleh yang wajib kamu beli jika berkunjung ke Kota Pekanbaru. Hmm, kira-kira apa saja ya?

1. Ikan Salai

noname

Salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru adalah ikan salai, yakni ikan yang diasapi. Beberapa jenis ikan dapat diproses menjadi salai, seperti ikan selais, baung, pantau, nila, patin, semilang, dll. Ikan salai berbeda dengan ikan asin, warnanya lebih hitam karena arang, dan rasanya juga cenderung hambar.

noname

Lokasi: Pasar Bawah bagian Basement
 Lihat Lokasi di Google Map 

Ikan salai yang paling laris adalah selais, ada yang ukuran besar dan juga kecil. Ukuran besar cocok untuk dimasak gulai sedangkan ukuran kecil cocok untuk digoreng.

Harga ikan salai bervariasi sesuai dengan ikannya, yaitu:
1. Ikan salai selais Rp25.000/ons*
2. Ikan salai baung Rp24.000/ons*
3. Ikan salai patin Rp17.500/ons*
4. Ikan salai pantau Rp16.000/ons*
5. Ikan salai semilang Rp10.000/ons*

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

2. Kue Talam Durian Viera

noname

Kue talam durian adalah salah satu oleh-oleh yang sedang hits dan kekinian dari kota Pekanbaru. Sebenarnya kue talam durian termasuk kue yang sudah lama ada. Akan tetapi, Rumah Kue Viera menghadirkan kue talam durian yang berbeda dari yang banyak dijual di pasaran.


Dengan quality control bahan baku, produksi hingga pemasaran yang rapi, kue talam durian viera menjadi favorit dan rebutan. Bagaimana tidak, ketannya enak, tidak keras saat disimpan dalam kulkas serta durian yang lembut dan lumer ketika dikonsumsi. Untuk dijadikan oleh-oleh, Rumah Kue Viera menyediakan layanan pengemasan khusus, sehingga kue talam ini lebih awet diperjalanan.


noname

Lokasi:
Jalan Melati simpang Jalan Naga Sakti Pekanbaru
 Lihat Lokasi di Google Map 


Harga kue talam durian Rp.40.000/kotak.

3. Bolu Kemojo Lapis Lekeix

noname

Bolu kemojo merupakan salah satu oleh-oleh khas Riau. Seiring dengan perkembangan, kemojo ini dimodifikasi menjadi kue lapis modern. Salah satu toko yang menjual bolu ini adalah Lekeix. Berdiri pada bulan Agustus 2016. Bolu kemojo lapisnya memiliki beberapa varian, seperti kemojo lapis durian, kemojo lapis nangka dan kemojo lapis cokelat. Rasa kemojo lapis ini unik, karena saat digigit dia legit, manisnya pas dan cocok untuk dijadiin oleh-oleh.

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Harga:
Kemojo Lapis Durian & Nangka Rp40.000
Kemojo Lapis Cokelat Rp45.000


Berlokasi di Jalan Gatot Subroto Nomor 11 E. Buka Senin sampai Sabtu, jam 8 pagi hingga jam 5.30 sore.


4. Pancake Durian

noname

Pekanbaru juga bisa jadi tempat untuk berburu oleh-oleh serba durian. Pancake duriannya juara! Rasa duriannya mantap, tebal dan manis.

Untuk mendapatkan pancake durian ini, tempat yang paling recommended adalah Kembang Sari.

noname

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 115
 Lihat Lokasi di Google Map 


Harga Pancake durian di Kembang Sari:
Isi 2 Rp22.000
Isi 6 Rp62.000
Isi 12 Rp119.000


Buka setiap hari, dari pukul
jam 6.30 pagi sampai jam 10 malam.

5. Bolu Pisang

noname

Cemilan lain yang juga favorit dijadikan oleh-oleh adalah bolu pisang. Teksturnya lembut, dan sedikit kenyal pada bagian atas. Produk ini diolah dari pisang pilihan, sehingga menghasilkan banana cake yang harum dan menggoda untuk segera disantap.

Harga Bolu Pisang Rp50.000

Oleh-oleh ini dapat ditemukan di Kembang Sari. Buka setiap hari, dari jam 6.30 pagi sampai jam 10 malam.

noname
Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 115
 Lihat Lokasi di Google Map 


6. Kue Sus by Mr. Cream Puff



BroSis yang sedang mencari oleh-oleh, kue sus (cream puff) ini dapat dijadikan salah satu pilihan untuk dibawa pulang. Dari cemilan sederhana ini, Mr. Cream Puff berhasil membuat kue tersebut menjadi lebih modern. Cream puff disajikan dengan ukuran lebih besar, dan memiliki berbagai varian rasa unik yang kekinian. Ada 8 varian rasa yang bisa jadi pilihan. Ada rasa vanilla, chocolate, greentea, tiramisu, cappucino, cheese, durian, dan sweet taro.

Store Mr. Cream Puff berada di Jalan Rajawali/Gardenia Nomor 27 A. Memiliki 2 cabang di Pekanbaru, yaitu di Jalan Sudirman Nomor 15 (Simpang Tiga) dan MTC Giant Panam.


 Lihat Lokasi di Google Map 

Harga:
Each – Rp8.000
Box of 6 – Rp45.000
Box of 10 – Rp65.000
Box of 20 - Rp120.000

Pemesanan Box bisa menggabungkan berbagai macam rasa. Store Mr. Cream Puff buka dari jam 9 pagi sampai 10 malam setiap harinya.

7. Lempuk Durian

noname

Lokasi: Kawasan Pasar Bawah Lantai 1
 Lihat Lokasi di Google Map 

Makanan ringan yang manis ini bentuknya mirip dengan dodol, tetapi yang spesial adalah bahan bakunya dari buah durian. Bedanya, kalau dodol menggunakan campuran ketan ataupun tepung dalam adonannya, sedangkan lempuk tanpa campuran apapun. Asal-usulnya dari kota Bengkalis, sampai akhirnya terkenal ke kota lain. Bentuknya menarik karena dibungkus dengan daun jagung yang sudah dikeringkan, mirip permen. Lempuk durian dijual dengan harga Rp32.000.

8. Dodol Ketan Hitam

noname

Lokasi: Kawasan Pasar Bawah Lantai 1
 Lihat Lokasi di Google Map 

Dodol ketan hitam adalah makanan khas Riau yang terbuat dari beras ketan putih dan hitam, gula merah, santan dan garam. Makanan ini memiliki rasa dan tekstur seperti dodol pada umumnya, hanya saja diolah dengan resep khas Riau. Harga dodol ketan hitam Rp20.000.

Dijual dikemasan kotak yang higienis. Ketan hitam mempunyai rasa manis yang unik tetapi konvensional, cocok jika kurang suka campuran buah-buahan di dodol.

9. Kacang Pukul

noname

Lokasi: Kawasan Pasar Bawah Lantai 1
 Lihat Lokasi di Google Map 

Cemilan manis ini berasal dari Bagansiapiapi, Rokan Hilir. Kacang pukul diproses dengan gula merah dan juga kacang, lalu ditumbuk halus serta dibentuk sesuai selera. Teksturnya lebih padat dan memiliki rasa manis yang khas. Ada sejarah di balik kacang pukul, dulu makanan ini dibuat oleh masyarakat keturunan Tionghoa Bagansiapiapi secara turun menurun. Harga sekotaknya Rp24.000.

10. Kerupuk Cabe

noname

Lokasi: Kawasan Pasar Bawah Lantai 1
 Lihat Lokasi di Google Map 

Dikemas dalam plastik bening, kerupuk pedas dari Dumai ini sudah terkenal ke negara tetangga. Harga Rp18.000. Bahannya ubi kayu segar yang digoreng dengan baik dan menghasilkan keripik yang krispi. Diaduk dengan sambal cabe merah yang digiling (bukan cabe bubuk atau merica). Rasanya pedas manis, pas untuk dijadikan cemilan atau pasangan saat makan bakso, soto, mie ayam, sate, mie rebus dan sebagainya.

11. Kue Bangkit

noname

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 397
 Lihat Lokasi di Google Map 

Nama lainnya adalah kue bangket atau kue kampung, merupakan kue tradisional atau kue kering ala kampung khas Melayu. Warnanya putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi warna merah di atasnya. Bahkan, ada juga yang dimodifikasi dengan berbagai rasa, seperti kacang, kelapa, durian, jeruk purut, bijan, coklat dan pandan. 

Rasanya manis, dengan tekstur sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit dapat dibeli di Toko Megarasa dengan harga Rp27.000/bungkus. Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 10 malam.

Itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh Pekanbaru yang bisa BroSis bawa pulang dan berikan kepada keluarga. Nah, oleh-oleh mana yang ingin dibeli?
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
1 Pesan
24 Juli 2018 19:41

Creampuff da besttt

Mispa windari Ulfa

Pesan