Area Car Free Day (CFD) Pekanbaru

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor diadakan untuk memberikan ruang dan waktu bagi warga kota agar menikmati suasana tanpa polusi. CFD merupakan salah satu budaya yang lazim ditemukan di kota besar seperti di Pekanbaru. Jalan raya di area CFD akan ditutup dari kendaraan umum sebagai sarana berolahraga untuk warga. Pelaksanaannya, dilakukan setiap hari Minggu.

Di Pekanbaru, lokasi sebelumnya berada di Jalan Diponegoro. Namun per tanggal 24 Juni 2018 berpindah ke Jalan Sudirman. Ada banyak aktivitas dan juga spot menarik disana. Berikut kami ulas secara singkat area CFD Pekanbaru.

1. Gerbang Batas

Bagi BroSis yang datang dari arah Sungai Siak, maka gerbang CFD yang dapat ditemui adalah depan Whiz Hotel.

noname

Terdapat batas disisi lainnya, yakni di flyover depan Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani.

2. Tempat Parkir

Salah satu tempat parkir mobil yang kami rekomendasikan adalah Jalan Kartini. Tarif parkir CFD yaitu Rp4.000 untuk kendaraan roda 4, Rp2.000 untuk kendaraan roda 2. Hal ini sesuai arahan dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

noname

Sepanjang pinggir Jalan Sumatera juga dipergunakan sebagai tempat parkiran motor. Untuk mobil, kami tidak menyarankan.

noname

Tempat parkir lainnya ada di Jalan Sudirman, tepatnya di Singapura Electronics, Hotel Sabrina 81 sampai dengan Indomaret.

noname

Di Jalan Gajah Mada sebagian lokasi menjadi tempat parkir mobil.

noname

3. Sekitar Jalan Gajah Mada dan Tugu Zapin

Jalan disini relatif lebar, banyak warga yang mempergunakannya untuk berolahraga seperti bermain bulutangkis dan sepatu roda. Tersedia juga penyewaan mobil-mobilan yang bisa dikendarai anak-anak.

noname

Dipersimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Gajah Mada, ada Tugu Zapin yang merupakan ikon kota Pekanbaru. Tugu ini menarik untuk dijadiin tempat foto maupun objek foto.

4. Spot Jajanan dan Pedagang

Disekitar Pustaka Soeman H.S dan Jalan Cut Nyak Dien merupakan pusat keramaian dari CFD. Ada banyak pedagang makanan dan minuman, jadi kalau mau sarapan mampir kesini ya!

noname

Disini juga ada pedagang hijab, kaos, mainan anak, makeup, dan lainnya. Semakin kearah belakang perpustakaan, pedagang semakin sedikit dan digantikan oleh tempat parkir kendaraan.

5. Perpustakaan Keliling

Didepan gedung Pustaka Soeman HS, terdapat mobil perpustakaan keliling. Pengunjung bebas membaca buku disana. Kadang ada panggung terbuka berisi hiburan serta penyuluhan untuk masyarakat.

noname

6. RTH Putri Kaca Mayang dan Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang dipergunakan tempat bermain anak-anak dan duduk bersantai. Disekitarnya banyak penjual makanan dan minuman. Lokasi ini juga pusat keramaian CFD. Area ini biasanya menjadi tempat aerobik jika ada event.

noname

Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan merupakan salah satu ikon Pekanbaru, jangan lupa foto disini juga ya!

noname

7. Flyover Simpang Jalan Tuanku Tambusai

Nikmati pemandangan kota Pekanbaru dari flyover simpang Jalan Tuanku Tambusai. Banyak gedung-gedung tinggi yang bisa BroSis jadiin sebagai objek foto.

noname

Demikianlah spot rekomendasi dari kami yang dapat dikunjungi saat CFD. Kita juga dapat menemui komunitas baru atau aksi sosial dari warga. Sudah siap untuk meramaikannya hari Minggu depan? Jangan lupa datang ya, BroSis!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Ratna Kirana

Civil engineer yang capek jadi commercial banker, kerja sampingan jurnalis kuliner, yang utama ibu rumah tangga.
0 Pesan
Pesan