Mengisi waktu libur dengan jalan-jalan ke Mesjid Raya Pekanbaru menjadi destinasi wisata religi yang sangat kami rekomendasikan bagi BroSis. Emang bisa ya jalan-jalan ke Mesjid Raya Pekanbaru? Bisa dong. Ada banyak hal yang bisa BroSis eksplor di sini. Apa saja sih? Yuk simak artikelnya!

noname


Mesjid Raya Pekanbaru ini berlokasi di Kampung Bandar, Kawasan Lama. Konon, Kawasan Lama merupakan pusat kota pada masa kerajaan Siak Sri Indrapura. Sebagai pusat kota, dibangunlah Mesjid Raya Pekanbaru untuk sarana ibadah para masyarakat. Mesjid ini selalu ramai, salah satu alasannya karena posisi mesjid yang cukup dekat dengan Pusat Perbelanjaan Pasar Bawah. Sehingga Mesjid Raya Pekanbaru menjadi pilihan para wisatawan untuk menunaikan ibadah.

Ada 4 struktur cagar budaya yang terdapat di Mesjid Raya Pekanbaru, yakni Gerbang, Sumur, Mimbar, dan 4 pilar beton. Setelah proses revitalisasi pada tahun 2009, ukuran mesjid ini semakin luas dan mampu menampung lebih banyak wisatawan. BroSis sudah pernah ke sini belum?

noname
Keterangan : Mesjid Raya Pekanbaru sebelum di revitalisasi pada tahun 2009

noname


noname



Coba deh shalat jumat di Mesjid Raya Pekanbaru, BroSis akan melihat mimbar berwarna emas yang digunakan khatib untuk khutbah. Mimbar indah dengan ukiran krawangan motif suluran ini usianya sudah lebih dari 100 tahun lho. Nah mimbar bersejarah ini dikirim langsung dari Jepara pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim pada tahun 1892. Hingga kini mimbar ini masih sangat terawat dan terlihat mewah, keren banget ya!

noname



Oh iya, sebelum masuk ke dalam Mesjid Raya Pekanbaru, BroSis pasti akan melihat Makam Marhum Pekan di sebelah Mesjid. Menariknya, makam ini juga rajin dikunjungi oleh turis dari Malaysia dan Singapura. Kenapa ya? Ternyata, makam ini merupakan makam para keluarga kerajaan Siak Sri Indrapura yang memiliki pengaruh cukup kuat hingga ke Malaysia dan Singapura pada saat itu. Salah satunya Said Zen Al Jufri, yang merupakan agen rahasia Raffles (Pendiri Singapura).

Luar biasa banget kan? Itulah Pekanbaru, kota luar biasa dengan banyak cerita. Begitu pula dengan Mesjid Raya Pekanbaru, saksi bisu sejarah perjalanan Kota Pekanbaru.

Nah buat BroSis yang ingin berkunjung ke Pekanbaru atau kebetulan sedang berbelanja di pusat perbelanjaan Pasar Bawah, jangan lupa mampir ke Mesjid Raya Pekanbaru ya!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan
Pesan