Lihat Lokasi di Google Map 

Pasti sudah tidak asing kan dengan nama Museum Sang Nila Utama. Museum ini bisa kamu jadikan alternatif tempat jalan selain Mall atau Café-Café di Pekanbaru, selain refreshing kamu juga bisa menambah ilmu lagi seputar sejarah melayu di Provinsi Riau.

Museum Sang Nila terletak di Jalan Sudirman tepat di depan kantor DPRD Provinsi Riau. Di resmikan tanggal 9 Juli 1994 oleh Prof. Dr. Edi Setiawati yang waktu itu menjabat sebagai Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia. Rata-rata pengunjung Museum ini sekitar 300an orang per minggu baik turis domestic maupun internasional. Gedung besar dengan design khas melayu ini juga satu area dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

Di Museum Sang Nila banyak terdapat benda-benda bersejarah, barang pusaka dan hal-hal menarik lainnya. Ada tiga level atau lantai yang bisa dijelajahi. Pintu masuknya ada di level dua, di level ini kita akan disambut oleh resepsionis yang akan mempersilahkan untuk mengisi buku tamu dahulu. Masuk kedalam Museum tidak ada biayanya alias FREE!

Kita juga bisa ditemani oleh guide yang di sediakan oleh museum Sang Nila jika ingin mendapat info lengkap terkait benda-benda yang ada di dalam museum. Guide biasanya lebih banyak melayani grup.

Tour museum dimulai dari kiri dan masuk ke level satu. Pada level ini akan banyak di sajikan rumah-rumah adat, alat musik, hewan-hewan yang banyak di hutan Riau dan banyak lagi. Naik ke level dua, selain pintu masuk, di kiri kanannya menyajikan sejarah tentang eksplorasi minyak di Riau dan sejarah mengenai terbentuknya Provinsi Riau, serta Gubernur yang pernah menjabat. Paling atas di level tiga, koleksi-koleksi atau peninggalan kerajaan lebih banyak mendominasi.







Jika BroSis memperhatikan, sekitar 50 meter di belakang area Museum ini ada sebuah taman Mini dan Pendopo yang menurut Staff Museum sering dijadikan tempat beristirahat jika ada kunjungan dari sekolah maupun grup besar. Namanya adalah Taman Gemala. Di taman ini ada beberapa pondok kecil yang diletakkan mesin-mesin yang digunakan oleh kakek-nenek kita dulu seperti mesin padi, mesin tebu dan lain-lain. Taman ini juga sangat asri karena di penuhi oleh pepohonan yang rindang. Keren deh.





Banyak hal-hal menarik yang bisa kita temui di Museum Sang Nila ini. Yang paling favorit adalah Mahkota Kerajaan Siak yang ada di level 3. Bagaimana bentuk mahkotanya? Lihat langsung sendiri yah kesini. Mahkota ini membuktikan bahwa di zaman dahulu Riau pernah di isi oleh kerajaan-kerajaan yang berjaya pada masanya. Mungkin pada zaman dahulu setiap kerajaan menjalin kerjasama satu sama lain baik dalam hubungan politik maupun perekonomian. Memang luar biasa.

Menarik bukan? Yuk BroSis, rencanakan weekend selanjutnya ke Museum Sang Nila bersama teman-teman.
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Hairil Habibi

a Social Media Enthusiast, Passionate About Community, and Spontaneous.
Suka ngobrol berbagai tema, mengamati, menemukan dan menuangkan ide atau cerita-cerita kecil ke dalam catatan. Senang jalan-jalan sendiri, pergi ke toko buku dan membeli buku luar biasa yang harganya miring.
1 Pesan
25 Oktober 2017 14:13

Belasan tahun tinggal di Pekanbaru malah gak pernah kepikiran untuk meng-explore kota sendiri. Museum ini kondusif kah buat anak-anak? Jadi pengen ajak anak-anak berkunjung ke sini sekalian piknik. Prosedure berkunjung gimana ya? Harus pake surat izin kunjungan kah kalo rame? Buka hari apa aja?

Mira

Pesan