Danau Tanjung Putus, Salah Satu Danau Di Desa Buluh Cina

 Lihat Lokasi di Google Map 

Suka piknik BroSis? Merupakan pilihan paling tepat dengan memilih menikmati keindahan alam di Desa Wisata Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Jarak tempuh yang dilintasi sekitar 36,3 km atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Pekanbaru. Akses lokasi bisa dilalui dengan melewati Jalan Kaharuddin Nasution, lalu menuju Simpang Tiga Pandau, dan masuk ke Jalan Pasir Putih.

Sampai di tujuan, BroSis akan disuguhkan pesona alam dengan pepohonan dan juga sungai, penduduknya pun ramah. Desa Buluh Cina sendiri terdiri dari dua bagian. Keduanya dibelah oleh aliran sungai Kampar.



Untuk menghubungkan kedua belahan desa ini, ada kapal roro mini bernama Tilan. Beroperasi Senin s/d Jumat, jam 3 subuh sampai jam 11 malam. Sedangkan diakhir pekan, hari Sabbtu s/d Minggu, jam 3 subuh sampai dengan jam 12 malam.



Kapal inilah yang bolak-balik mengantar orang dan barang menyeberangi sungai. Dengan berkapasitas 40 orang apabila tidak membawa beban dan kendaraan. Kapal akan berangkat jika sesuai standar keamanan. Menyeberang dengan Tilan, setiap orang akan dipungut biaya Rp2.000 sekali perjalanan. Namun jika membawa sepeda motor, dikenakan Rp3.000.

Kapal yang beroperasi saat ini sudah ada sejak tahun 2008 dan merupakan salah satu pendapatan desa. Sebenarnya ditahun 1998 juga sudah ada tetapi masih bersifat manual, menggunakan tali, tidak menggunakan mesin, hanya tergantung arus.

WISATA ALAM
Buluh Cina memiliki hutan alam yang asri. Tempat ini cocok bagi yang ingin refreshing dan melepas penat dari perkotaan. Disekitaran lokasi, sering dijadikan tempat camping para penggiat pecinta alam. Jika BroSis berencana camping, sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada perangkat desa disana. Tidak memerlukan surat dan tidak dikenakan biaya. Berbeda dengan acara, harus ada lampiran surat. Surat kegiatan terkait dengan pelaksanaan acara.



Kawasan ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berlibur bersama keluarga. Pengunjung dapat menjumpai berbagai flora dan fauna yang menarik untuk dijadikan bahan edukasi ataupun sebagai objek fotografi. Tempat wisata dikelola langsung oleh masyarakat, serta didukung Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

PENGINAPAN
Ingin bermalam di Desa Buluh Cina? ada rumah panggung yang bisa dijadikan sebagai tempat penginapan BroSis. Rumah panggung bertingkat tersebut mampu menampung 30 orang wisatawan. Biasanya, tamu lokal maupun turis asing bermalamnya di rumah ini. Para tamu juga disajikan masakan khas Buluh Cina.

7 DANAU
Di Kawasan hutan, terdapat tujuh danau yang sangat mempesona. Masing-masing danau memiliki keunikan tersendiri dan letaknya pun berdampingan. Seperti Danau Tanjung Putus berdampingan dengan Danau Baru, Danau Pinang Luar dengan Pinang Dalam, Danau Tuok Tonga dengan Danau Tanjung Balam dan Danau Rengas.



BERSAMPAN
Di Danau Tanjung Putus, BroSis dapat menikmati keindahan pesona alam dengan menggunakan
sampan. Melihat hijaunya pepohonan dan air danau yang tenang akan menjadi kesan tersendiri.
Sampan ini sengaja disediakan untuk pengunjung. Namun belum ada ketentuan berapa tarif yang harus dikeluarkan.



MEMANCING
Hobi memancing? Disini aja. Pemancing tidak akan dikenakan biaya. Dan tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapan, karena di Desa Buluh Cina juga menyediakan penyewaan alat pancing.

Sensasi memancing ikan dengan menaiki pompong juga bisa BroSis rasakan, Buluh Cina menyewakan pompong bagi pengunjung yang ingin memancing ataupun bersantai. Panjang pompong sekitar 12 meter dan lebar 3 meter. Yang tidak ingin memancing dan hanya ingin bersantai, disediakan kasur untuk tempat beristirahatnya BroSis. Pompong mampu dinaiki 10 sampai dengan 15 orang.

PERAHU WISATA
Tidak hanya pompong, ada juga perahu wisata. Perahu wisata ini khusus digunakan untuk wisatawan yang tertarik mengitari Sungai Kampar. Muatan perahu dapat menampung 60 orang wisatawan. Seru!

NAIK GAJAH
Indahnya suasana alam dan udara segar tidaklah diragukan lagi. Dua gajah Sumatera hasil binaan di Taman Wisata Alam (TWA) juga ditempatkan sebagai penarik minat wisatawan untuk datang ke Buluh Cina. Tentunya akan menjadi banyak masyarakat Riau yang berkesempatan naik gajah.

Hewan herbivora bernama Tini dan Robin ada di lokasi setiap hari. Namun posisinya berpindah-pindah. Kalau hari Sabtu - Minggu biasanya di standby-kan di Danau Tanjung Putus, agar pengunjung wisata bisa naik dan juga berfoto.

Gajah disini sudah terlatih. Jika berminat untuk menaikinya, BroSis akan ditemani oleh pawang gajah, dan selama naik harus berdasarkan petunjuk darinya. Satu gajah bisa dinaiki 3 orang, tergantung postur badan juga.



Untuk tarif belum ada ketentuan khusus, karena masih menunggu hasil kesepakatan bersama antara pihak desa sebagai pengelola wisata, dan pihak BKSDA sebagai penyedia sarana prasarana wisata.

PAKET WISATA
Mau berkunjung kesini? Tersedia paket-paket wisata yang bisa BroSis pilih. Diantaranya wisata air, cerita desa hutan dan danau, hiking rimba valasta, wisata gajah, sampan wisata, dan paket-paket lainnya. Selain bertujuannya untuk wisata, disini juga bisa foto prewed.

Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, BroSis dapat menghubungi Bapak Rudi Hidayat selaku Kepala Unit Pengelola Wisata Buluh Cina (0852 7883 6234).

Gimana? Merencanakan piknik akhir pekan ke Desa Buluh Cina bisa jadi pilihan kan BroSis?
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan
Pesan