RTH Putri Kaca Mayang, salah satu taman di Pekanbaru

Ruang Terbuka Hijau penting banget untuk kota Pekanbaru soalnya bisa jadi sumber produksi oksigen, penahan angin, habitat, pelestarian air tanah dan area resapan air. Ada dua lokasi RTH yang dibangun di Pekanbaru tempat kita bisa nongkrong santai dan relax sore-sore. Dimana aja? Berikut ulasannya.

1. RTH Tunjuk Ajar Integritas

noname


 Lihat Lokasi di Google Map 

Taman ini berada di antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Riau, tepatnya di seberang kediaman Walikota Pekanbaru. Taman yang diresmikan di hari anti korupsi tersebut memiliki sebuah tugu bernama Tunjuk Ajar Integritas. Tujuan dibangunnya tugu tersebut adalah sebagai simbol melawan korupsi di Provinsi Riau.

noname

Perlu diketahui, di taman ini ada tertanam sebuah sejarah. Ada sebuah prasasti yang berdiri kokoh (foto bawah). Sekilas memang tidak terlihat keistimewaan pada batu yang mulai terlihat kusam itu. Namun jika diperhatikan secara seksama, masih terlihat ada goresan tinta. Apa yang tertulis? Berikut kutipannya.

noname

"Di sekitar ini Merah Putih pertama dikibarkan di atas atap kantor PTT dalam suasana perebutan kekuasaan tanggal 15 September 1945 pukul 14.00 oleh Angkatan Muda PTT Pekanbaru. Prasasti ini diresmikan Gubernur KDH Tingkat I Riau. HR Soebrantas pada tanggal 10 November 1978.”
Yes, di tempat inilah Sang Merah Putih pertama kali berkibar di Riau. So proud!

noname


Di Taman Tunjuk Ajar Integritas, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas. Taman ini memiliki banyak wahana permainan dan areanya juga luas. Disediakan ayunan, perosotan, arena memanjat dan jungkat-jungkit, dan permainan lainnya. Ada juga arena permainan beralaskan tanah. Cocok untuk mengajarkan kepada anak-anak asyiknya bermain di alam terbuka.

noname

noname


Jalur-jalur jalanan taman, bisa digunakan pengunjung jika ingin bersepeda atau jogging.

noname


Ada banyak bangku yang disediakan jika ingin duduk santai menikmati suasana taman.

2. RTH Putri Kaca Mayang

noname


 Lihat Lokasi di Google Map 

Posisinya berada di kawasan Jalan Sudirman di seberang Kantor Walikota Pekanbaru. Menghubungkan Jalan Sumatera dan Jalan Sudirman. Sebelum dibangunnya RTH, lokasi ini dulunya merupakan tempat wahana bermain bernama Taman Ria Putri Kaca Mayang.

noname

Taman ini dihiasi berbagai macam bunga dan rerumputan hijau. Tampak asri di tengah kepadatan ibukota. Tak jarang pengunjung memilih lokasi ini sebagai tempat bersantai dan berkumpul ria.

noname

Memang tidak banyak fasilitas yang disediakan di taman ini terutama permainan untuk anak-anak. Hanya tersedia area bermain pasar saja. Taman ini terlihat fokus untuk tampil sebagai area hijau ditengah kota.

noname

Meski begitu, bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa disini. Beragam hal dapat dilakukan. BroSis bisa memanfaatkan area ini sebagai tempat berolahraga kecil atau sekedar duduk santai menikmati sore berkumpul ria bersama teman dan keluarga. Desain tamannya juga indah, cocok menjadi spot foto bagi BroSis yang menggemari fotografi.

noname


Dalam suasana malam, RTH Tunjuk Ajar Integritas dan Kaca Mayang akan semakin tampak cantik. Sinar lampu warna warni yang ada di taman menjadikan pemandangan yang menyejukkan mata, dan menambah keindahan malam warga kota Metropolitan nan Madani. Malam hari, warga kian ramai untuk mengunjungi lokasi ini.

noname

Itulah taman yang cocok untuk bersantai dan melepas penat. Pastikan BroSis mengunjungi ruang terbuka hijau di kota ini.

Yuk, rekreasi ke taman!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Fatrah Chairani

Sosok petualang yang masih belajar dalam menaklukan diri sendiri. Baginya, petualangan adalah bagian dari hidup.
0 Pesan
Pesan