"Main ke taman yuk!"
Kalimat ajakan ini sepertinya akan menjadi tren di Pekanbaru. Kini, taman menjadi tempat favoritnya para muda-mudi maupun keluarga yang ingin berwisata atau hanya sekedar berswafoto.

Taman tak hanya sebagai paru-paru kota, namun juga dilengkapi beragam fasilitas unik yang membuat para pengunjungnya betah berlama-lama.

Fasilitas di taman yang menyajikan pemandangan rindang nan sejuk ini, memiliki jogging track, outdoor gym, jalur refleksi, amfiteater, ruang serbaguna, danau buatan, hingga skatepark dan bikepark.

Nah BroSis, Simak 4 taman berikut yang dapat dikunjungi di Pekanbaru ya.

1. Taman Kota Diponegoro

noname

Taman Kota Diponegoro berada di jantung keramaian Ibu Kota Provinsi Riau. Tepatnya di Jalan Diponegoro, samping Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Di sepanjang jalan dekat pintu masuk utama, sejumlah pedagang membuka lapak dan memarkirkan gerobak dagangannya. Kendaraan roda dua dan empat berjejer di lokasi jalan yang sama, mengitari setengah lokasi dari taman kota ini.

noname

Merupakan rekreasi alternatif murah untuk BroSis, karena untuk masuk ke dalamnya tidak dipungut bayaran alias gratis. Ketika memasuki pintu masuk utama, BroSis akan mendapati area anak-anak di sisi kiri. Terdapat ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan berbagai permainan lainnya.

noname

Selain tempat permainan anak-anak, ada sarana urut refleksi yang terdiri dari susunan batu-batu kecil.

noname

Kawasannya disini sangat asri. Dirimbungi pohon-pohon besar.  Jika berjalan sedikit ke pertengahan taman, ada replika Kapal Lancang Kuning dan Istana Siak.

noname

noname

Taman Kota Diponegoro memang cocok dijadikan sebagai lokasi untuk acara outdoor bersama teman-teman ataupun komunitas. Tersedia banyak bangku untuk pengunjung, serta pendopo yang berfungsi sebagai peneduh dan pencegah panasnya terik matahari.

noname

Fasilitas-fasilitas yang disediakan terbilang lengkap dan bagus. Seperti adanya musholla, toilet, dan tong sampah di setiap beberapa meter. Semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis.

noname

Taman ini memiliki kolam yang cukup luas, duduk-duduk di pinggir kolam sambil memancing ikan akan menambah keseruan juga lho.

2. Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai

noname

BroSis yang ingin suasana segar, bisa mampir ke taman ini. Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai jadi lokasi asyik untuk olahraga di Pekanbaru. Lokasinya bersebelahan dengan Kampus Politeknik Caltex Riau, Jalan Umban Sari.

noname

Dengan lahan luas ditambah dengan penataan taman menawan, kawasan ini sering kali dijadikan sebagai tempat jogging dan jalan santai di pagi maupun sore hari. Banyak warga Pekanbaru dari berbagai kalangan yang sengaja datang untuk olahraga.

noname

Fasilitas olahraganya cukup lengkap, mulai dari jogging track, lapangan basket, lapangan badminton, lapangan volly, sampai lapangan sepak bola juga ada.

noname

Suasananya asri, nyaman dan banyak pepohonan. Bersantai sambil duduk-duduk di pinggiran taman bisa me-refresh-kan pikiran.

noname

Di ujung taman bagian belakang, tersedia lintasan batu refleksi yang ramah untuk lansia.

noname

Penjual makanan dan minuman disini dekat dengan area taman, mulai dari nasi goreng sampai soto ayam dan bakso. Namun ingat, jangan membuang sampah sembarangan. Pengunjung harus menjaga kebersihan taman.

noname

3. Science Park Universitas Riau

noname

Universitas Riau memiliki Science Park (Taman Ilmu). Lokasinya berada di Jalan HR. Soebrantas Kampus Bina Widya km. 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru. Hampir setiap sore, taman kampus Universitas Riau (UR) ini dikunjungi masyarakat serta mahasiswa. Taman ini di jadikan alternatif pengunjung untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan juga kerabat.

noname

Konsep tamannya menarik, cocok untuk anak-anak. Beragam fasilitas dapat digunakan sebagai tempat belajar kreatif, seperti adanya: primary colour, musical pipes, thermometer, pendulum, dll.

noname

noname

Fasilitas lainnya terdapat ayunan anak, jungkat-jungkit, alat peraga pengetahuan, dan tempat duduk untuk bersantai.

noname

Lingkungannya teduh, dan nyaman untuk belajar. Banyak bangku untuk tempat berdiskusi dan membaca yang diletak disekitar taman dan dibawah pepohonan.

noname

Taman pengetahuan dijadikan sebagai tempat pertemuan bagi mahasiswa UR dan juga masyarakat. 

4. Taman Kota Arifin Ahmad

noname

Taman satu ini terletak di antara persimpangan Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Sudirman. Area taman cukup luas, tamannya hijau, tertata, dan terawat. Untuk yang membawa anak-anak, tersedia beragam permainan.

noname

Area anak-anak di sini sejuk dan rindang. Di sekelilingnya, banyak bangku-bangku taman yang dapat digunakan para orang tua untuk bersantai sambil memperhatikan anak-anaknya bermain.

noname

Jika BroSis ingin berkunjung, waktu sore hari lebih disarankan untuk menghindari terik matahari. Semakin sore, taman akan semakin ramai oleh anak-anak dan orang dewasa yang mampir sebentar dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

noname

Khusus para remaja yang hobinya foto-foto ala kekinian, banyak spot dengan latar belakang yang indah yang di lengkapi dengan bunga-bunga.

noname

Tempatnya menarik, tatanan taman di tata seindah mungkin. Lalu ada bongkahan batu cantik. Sangat memungkinkan para remaja santai sore sambil foto-foto bareng teman disini.

Itu tadi empat taman yang bisa BroSis jadikan pilihan untuk dikunjungi bersama teman ataupun keluarga. Lalu, BroSis pilih yang mana?

Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Fatrah Chairani

Sosok petualang yang masih belajar dalam menaklukan diri sendiri. Baginya, petualangan adalah bagian dari hidup.
1 Pesan
24 Mei 2018 05:33

Tambahan 1 lagi, taman kaca mayang, letaknya pusat kota di jln jendral sudirman sebelum jl layang dari arah patung zapin..

Ikaw

Pesan