Lihat Lokasi di Google Map 

Rumah Tenun berada di Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru. Lokasinya tidak jauh dari pelabuhan tempat bongkar muat barang. Rumah Tenun Kampung Bandar ini sudah dibangun pada tahun 1887 dengan pemilik H. Yahya, yakni seorang tauke getah ternama.

Dimasa perjuangan merintis kemerdekaan, rumah ini banyak memiliki peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Dulunya dijadikan gudang logistik dan dapur umum di masa awal perang kemerdekaan.

noname

Hingga saat ini, tempat tersebut dijadikan sebagai tempat produksi tenun di Pekanbaru. Ada 3 Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang setiap harinya membuat kain tenun khas Riau. Untuk membuat sebuah tenun, pengerjaannya menggunakan gerakan tangan serta gerakan kaki. Jadi jangan heran jika harga selembar tenun mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

noname

Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama serta ketekunan ekstra. Bahan yang digunakan juga bahan baku khusus, yakni benang impor dari Singapura.

noname

Harga kain tenun yang dijual bervariasi. Kain dengan ukuran 2 meter dijual dengan harga Rp700.000 hingga jutaan rupiah. Di sini juga ada selendang tenun cantik yang dapat dibeli seharga Rp50.000.

noname

BroSis yang berminat membeli tenun, atau melihat proses pembuatan tenun secara langsung, bahkan ingin belajar bertenun, silakan kunjungi Rumah Tenun Kampung Bandar. Rumah ini dibuka setiap hari untuk pengunjung.

Silakan cek Instagram @rumah_tenun_kp_bandar atau telepon/WA ke 085265499475.
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Fatrah Chairani

Sosok petualang yang masih belajar dalam menaklukan diri sendiri. Baginya, petualangan adalah bagian dari hidup.
1 Pesan
15 Mei 2018 05:02

Menarik sekali, kalau bisa bahas juga tempat wisata di luar PKU, seperti SIAK misalnya.... :)

Fans PKU

Pesan