Tempat Ngabuburit di Pekanbaru Yang Asik Buat Nunggu Bedug

Ngabuburit bersama teman atau keluarga memang menyenangkan. Tapi, kita sering merasa sulit untuk menemukan tempat ngabuburit yang nyaman. Dimana tempat yang cocok untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga di Pekanbaru? Tim BroSisPKU telah merangkum beberapa tempat pilihan yang nyaman, menyenangkan, bahkan GRATIS untuk ngabuburit.

1. Taman Kota Diponegoro

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Berada di jantung keramaian Ibu Kota Provinsi Riau. Tepatnya di Jalan Diponegoro, samping Hotel Aryaduta Pekanbaru. Merupakan rekreasi alternatif murah, karena untuk masuk ke dalamnya tidak dipungut bayaran alias gratis. Ketika memasuki pintu masuk utama, terdapat area anak-anak di sisi kiri. Terdapat ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan berbagai permainan lainnya.

Selain itu, ada sarana urut refleksi yang terdiri dari susunan batu-batu kecil. Jika berjalan sedikit ke pertengahan taman, ada replika Kapal Lancang Kuning dan Istana Siak. Tersedia banyak bangku untuk pengunjung, serta pendopo yang berfungsi sebagai peneduh dan pencegah panasnya terik matahari.

noname

Fasilitas terbilang lengkap dan bagus. Seperti adanya musholla, toilet, dan tong sampah di setiap beberapa meter. Semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis. Taman ini memiliki kolam yang cukup luas, duduk-duduk di pinggir kolam sambil memancing ikan akan menambah keseruan juga lho.

2. Masjid Annur

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Masjid Agung An-Nur merupakan masjid terbesar di Pekanbaru. Terletak di Jalan Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru. Dilihat dari desain bangunannya banyak terpengaruh gaya campuran arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India. Masjid berdiri tanggal 27 Rajab 1388 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 1968.

Masjid ini sering disebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau, terutama dengan kolam yang ada di depan masjid. Kapasitas masjid dapat menampung sekitar 4.500 orang jamaah.

Kawasan masjid yang asri sering menjadi tempat berolahraga para warga. Selain itu, pada bulan Ramadhan terdapat bazar pakaian dan makanan di lapangan parkir masjid. Sehabis shalat Ashar, bisa menunggu di masjid sambil menunggu waktu berbuka puasa karena kegiatan yang dapat dilakukan beragam.

noname

Kalau ingin menimba ilmu agama, bisa datang langsung ke masjid untuk mengamati kalender kegiatan. Karena biasanya di bulan Ramadhan ini ada banyak kajian untuk umum yang dilaksanakan, seperti tausyiah pagi, belajar membaca quran, tabligh akbar, dan lainnya.

3. Rumah Singgah Sultan Siak
noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Lokasinya di tepi sungai Siak, tepatnya di bawah Jembatan Siak III. Didirikan pada tahun 1895 oleh H. Nurdin Putih, mertuanya Tuan Qadhi. Tempat ini memiliki atap berwarna biru dan terdapat semacam halaman di sebelahnya. Biasanya menjadi tempat persinggahan pertama Sultan Syarif Kasim II ketika kapalnya baru berlabuh di Pekanbaru.

Saat ini lokasi tersebut dibuka untuk umum. Jadi jika BroSis ingin menikmati suasana persinggahan Sultan, silakan mampir. Terasa nostalgia masa lampau yang masih terawat sampai sekarang, dan tentunya banyak spot foto menarik di sini.

4. Pelabuhan dan Gudang Pelindo

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Gudang ini merupakan saksi bisu kejayaan perdagangan antara Pekanbaru ke Singapura. Lokasinya berada di tepian Sungai Siak. Pelabuhan Pelindo dibangun oleh belanda ditahun 1920 dan disinggahi oleh perusahaan pelayaran Belanda. Di masa kejayaannya, pelabuhan ini dipenuhi oleh komoditas-komoditas dan barang-barang yang dikirim ke Singapura dan kota lainnya melalui Selat Malaka.

noname

Pemandangan Sungai Siaknya terhampar. Merupakan lokasi yang ideal untuk berfoto dengan Jembatan Sungai Siak. Saat ini masih terdapat kapal kecil yang berlalu lalang, jika ingin mencobanya, silakan bernegosiasi.

5. Bukit Bintang Rumbai

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Lokasinya berada di Jalan Pramuka (Rumbai) sebelum Danau Kayangan. Dari pusat kota akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit hingga sampai ke tujuan. Di sana ada satu warung yang menyediakan pondok dan kursi-kursi untuk bersantai ria. Warung ini menyajikan makanan instant mie goreng, mie rebus, dan nasi goreng, serta minuman buat ngopi-ngopi santai. Pas sekali untuk berbuka puasa.

Pemandangan yang terlihat memang mengesankan. Panorama di bukit bintang sangat bagus untuk melihat matahari terbenam sambil menghabiskan waktu ngabuburit dengan keluarga tersayang. Di sini, kita bisa menyaksikan dari kejahuan gedung-gedung tinggi seperti Kantor Gubernur dan Pustaka wilayah Soeman HS.

noname

Bukit Bintang buka setiap hari dari jam 2 Siang hingga jam 10 malam. Khusus untuk malam minggu mereka buka sampai jam 11 malam.

6. Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Ada dua lokasi RTH yang dibangun di Pekanbaru tempat kita bisa nongkrong santai dan relax sore-sore. Yang pertama adalah RTH Tunjuk Ajar Integritas. Taman ini berada di antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Riau, tepatnya di seberang kediaman Walikota Pekanbaru.

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Taman tarsebut memiliki banyak wahana permainan dan areanya juga luas. Disediakan ayunan, perosotan, arena memanjat dan jungkat-jungkit, dan permainan lainnya. Ada juga arena permainan beralaskan tanah.

Yang kedua adalah RTH Putri Kaca Mayang. Posisinya berada di kawasan Jalan Sudirman di seberang Kantor Walikota Pekanbaru. Menghubungkan Jalan Sumatera dan Jalan Sudirman. Sebelum dibangunnya RTH, lokasi ini dulunya merupakan tempat wahana bermain bernama Taman Ria Putri Kaca Mayang.

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

BroSis bisa memanfaatkan kedua area RTH ini sebagai tempat berolahraga kecil atau sekedar duduk santai menikmati sore berkumpul ria bersama teman dan keluarga. Desain tamannya juga indah, cocok menjadi spot foto bagi BroSis yang menggemari fotografi.

7. Bandar Seni Raja Ali Haji

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Salah satu tempat untuk melihat kentalnya budaya Melayu di Pekanbaru adalah Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai). Pada kompleks Bandar Serai, terdapat gedung kesenian yang menjadi salah satu pusat seniman Riau yaitu Gedung Kesenian Anjungan Idrus Tintin.

Dibangun sebagai tempat penyelenggaraan MTQ Nasional yang ke 17 pada tahun 1994, oleh karena itu bagi warga Pekanbaru lebih populer dengan sebutan gedung MTQ. Pengunjung banyak yang mampir hanya untuk berfoto dengan gedung megah yang arsitektur Melayu-nya sangat kental tersebut.

Di kawasan tersebut, juga terdapat lapangan olahraga yang bisa dipergunakan multifungsi. Loop Arena diresmikan pada bulan Desember 2017.

noname

Banyak anak muda yang berolah raga di sana, termasuk tempat berkumpulnya komunitas. Sebut saja komunitas BMX, parkour, skateboard, dan lainnya. Sekedar duduk santai dengan sahabat juga menyenangkan, pas untuk menghabiskan sore hari.

Sebagian besar dari list tersebut gratis. Saran kami, siapkan saja uang nominal kecil untuk membayar parkir. Selamat ngabuburit!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Ratna Kirana

Civil engineer yang capek jadi commercial banker, kerja sampingan jurnalis kuliner, yang utama ibu rumah tangga.
0 Pesan
Pesan