Laksamana Mengamuk, Pondok Yurika, Jalan DR. Soetomo

Minuman dan dessert-nya khas Riau bisa dibilang cukup beragam dan terkenal, lantaran memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Lantas, apa saja jenis minuman khas Riau yang patut dicoba? Berikut beberapa rekomendasi oleh Tim BroSisPKU.

1. Es Lancang Kuning

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Dalam sebuah tulisan yang dikutip dari budayawan Riau, H. Tenas Effendy, lancang kuning merupakan perlambangan atau tanda akan kegemilangan Riau. Lancang kuning sebagai lambang kebesaran, kejayaan, kekuasaan, dan kepahlawanan. Oleh karena itu, namanya diabadikan dalam nyanyian rakyat, upacara pengobatan tradisional, dan nama minuman.

Es lancang kuning adalah minuman yang berbahan dasar buah-buahan berwarna kuning, bisa mangga, nanas, dan lemon. Kalau penasaran, silakan datang dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 malam ke Sultan Resto. Lokasinya di Jalan Ronggowarsito. Harga es lancang kuning Rp20.000.

2. Laksamana Mengamuk

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Laksamana mengamuk merupakan minuman khas Riau yang prestasinya sudah diapresiasi sampai tingkat nasional. Minuman ini menyabet juara 1 kategori minuman tradisional terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang digelar Kementerian Pariwisata RI.

Resep utama dari minuman laksamana mengamuk adalah menggunakan mangga kweni yang dipotong-potong, gula, es batu, dan santan. Ada beberapa inovasi lain seperti ditambahkan ketan putih sehingga lebih menyerupai dessert.

Di Pondok Yurika Jalan DR Soetomo, ada menu minuman bernama Laksamana mengamuk. Kalau ingin mencobanya, mampir saja dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Harganya Rp20.000.

3. Jus Melayu

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Jus Melayu ini memiliki empat rasa yang disusun secara vertikal. Totalnya ada 4 warna, yaitu putih sebagai dasar, dan 3 warna lainnya sebagai hiasan, seperti merah, kuning, dan hijau.

Di Pondok Masakan khas Melayu, jus ini terdiri dari campuran buah sirsak, terong belanda, mangga, dan alpukat. Harga Rp15.000. Pondok Masakan Melayu terletak di Jalan Adi Sucipto, buka jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

4. Jus Telaga 3 Warna

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Di Provinsi Riau, terdapat banyak telaga dan danau yang menjadi obyek pariwisata. Sebagai salah satu sarana promosi tersebut, dikreasikanlah jus telaga 3 warna ini. Pada dasarnya, jus telaga 3 warna merupakan 3 jenis jus yang disusun secara horizontal dan memiliki warna cerah, yaitu hijau, merah, dan kuning.

Kreasi jus ini dapat ditemukan di Sultan Resto, Jalan Ronggowarsito. Mulai buka jam 8 pagi sampai dengan jam 10 malam. Isian dari jus terdiri dari jus sawi, stroberi, dan jeruk. Harga Rp25.000.

5. Roti Jala Kuah Durian

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Roti jala biasanya menjadi hidangan sarapan ataupun snack disore hari. Bisa ditemani kuah kari kambing atau menjelma menjadi dessert lezat dicampur dengan kuah durian.

Hidangan ini dapat dibeli di Pondok Yurika dengan harga Rp13.000. Teksturnya lembut dan ringan, sangat enak dicampur dengan kuah durian yang manis. Tertarik untuk mencoba? Lokasi Pondok Yurika berada di Jalan DR Soetomo. Buka jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

6. Air Mata Pengantin

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Air mata pengantin, salah satu minuman khas Riau. Namanya memang unik, karena biasanya disajikan disetiap acara pernikahan. Air mata digambarkan simbol bahagia bagi pasangan yang baru menikah. Itulah asal muasal dari namanya.

Es ini punya banyak varian, untuk mencobanya tidak harus menunggu musim pengantin. Salah satu resto yang menyediakan air mata pengantin adalah Rumah Makan Patin H. M. Yunus, berlokasi di Jalan Kaharuddin Nasution. Buka dari jam 07.30 pagi sampai dengan jam 10 malam.

Menu ini terdiri dari agar-agar 3 warna, yaitu merah, hijau, dan putih. Ditambah campuran sirop merah, susu, selasih, dan es batu. Harga Rp25.000.
 
Itulah daftar minuman dan dessert khas Riau yang recommended. Dari enam daftar minuman khas Riau wajib coba ini, ada yang favorit BroSis?
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
1 Pesan
10 Oktober 2018 17:09

Kaya akan kuliner Riau

Anang

Pesan