Rumah Makan dan Soto Inyiak Sanang

 Lihat Lokasi di Google Map 

Rumbai adalah tempatnya para kuliner Pekanbaru legendaris. Banyak rumah makan khas yang sudah memulai usahanya sejak lama dan bertahan hingga sekarang. Walaupun usahanya diwariskan turun-temurun ke generasi selanjutnya, cita rasanya masih sangat terjaga. Masih sama enaknya seperti yang dulu.

Salah satunya adalah "Rumah Makan dan Restoran - Soto Inyiak Sanang". Rumah makan ini sudah buka sejak tahun 1960. Sampai sekarang ini berarti sudah 57 tahun usianya. Kalau menikah, pernikahan emas sudah dirayakan. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Rumbai, rumah makan ini masih saja ramai dikunjungi oleh para pelanggan setianya.

Gampang kok mencarinya. Kalau BroSis melintasi Jalan Yos Sudarso, setelah melewati Swalayan Hawai maka akan ketemu rumah makannya pas disebelah kiri jalan. Bentuknya seperti rumahan memang, tapi tempatnya cukup luas. Banyak pelanggannya yang mengadakan gathering kantor atau sekedar makan bersama keluarga besar disana. Gak perlu khawatir bawa banyak anggota, pasti muat kok.

Sebenarnya dulu Rumah Makan Inyiak Sanang ini posisinya tidak ditempat yang sekarang. Dulunya di pinggiran sungai Siak, dekat jembatan yang kalau orang dulu nyebutnya jembatan ponton. Disana Rumah Makan Inyiak Sanang buka selama 32 tahun. Barulah setelah itu ditempat sekarang ini selama 25 tahun.

Di Rumah Makan Inyiak Sanang yang paling populer adalah Dendeng Bakar Batokok dan Soto Minang. Dendeng batokoknya ini bahkan dijadikan oleh-oleh sama pelanggannya. Gak cuma dalam negeri saja tapi sampai luar negeri juga seperti negara di Eropa, Yaman, Manila, sampai Amerika.

Dendeng Batokok

Kalau di menu soto minang, yang sempat menyita perhatian adalah cabe sotonya. Pertama kali melihat pasti mengira kalau ini bumbu rendang. Padahal bukan. Sang pemilik rumah makan ini mengatakan bahwa kalau "bumbu rendang" yang ada dihadapan kami ini adalah cabe rawit untuk campuran soto. Pengolahan cabe rawit dibuat khusus dengan resep rahasia. Butuh waktu lama untuk membuatnya.





Untuk harga dendeng batokok Rp 35.000/porsi. Dalam seporsi ada 2 potong dendeng berukuran besar. Cukup untuk makan 2-3 orang. Soto minangnya Rp 25.000/porsi, sudah sama nasi.

Rumah Makan ini dijalankan turun temurun. Generasi ke generasi. Pemiliknya saat ini adalah generasinya yang kedua. Sedang dalam proses transisi juga untuk menurunkannya ke generasi yang ketiga. Hmm, berarti masih panjang nih perjalanan Rumah Makan Inyiak Sanang.

Yuk dicoba BroSis.
 
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan
Pesan