Lontong Sayur Warung Bude 46

Ketika matahari mulai malu-malu menampakkan cahaya, saat itu pula perut malu-malu berbunyi karena lapar. Untuk membuat sarapan sendiri sayangnya masih malas dan memang paling enak jajan aja.

Lontong sayur adalah pilihan tepat kalo di Pekanbaru. Lontong memang kuliner paling mainstream yang ada di Pekanbaru. Mulai dari subuh sangat mudah mencari para pedagangnya.

Dari sekian banyaknya itu kami ingin merekomendasikan 4 lontong sayur yang BroSis wajib kunjungi. Kami juga memasukkan ketupat ya. Lontong dan ketupat hampir sama eksisnya di kota ini. Nah, bagaimana keunggulan masing-masing? Mari disimak ulasannya.

1. Ketupat Gulai Paku Onen

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Bu Onen duduk di kasir sambil mengamati pegawainya bekerja. Beliau berkata sudah berjualan ketupat gulai sejak tahun 2007 dan dulunya usaha di rumah sendiri hingga akhirnya pindah di seberang Masjid An Nur. Dimulai dari kedai kecil hingga diperbesar sampai bagian belakang sejak tahun 2014.

noname

Perpaduan ketupat dan mie kuning plus kuah yang dominan asin pedas. Dengan harga Rp11.000 untuk polos dan Rp13.000 dengan tambahan telur. Diatasnya ditambahkan kerupuk merah dan keripik cabe. Disini juga tersedia gorengan dengan harga Rp1.000 sampai dengan Rp3.000 dan sate kerang Rp3.000/pcs. Enak-enak!

noname

noname

Lokasinya nyaman dan luas, terutama di bangunan baru. Alunan pengamen mengalun merdu menemani kita menyantap makanan. Untuk menikmati Lontong Onen, silakan datang diantara pukul 7 pagi sampai 12 siang, di Jl. Moh. Dahlan, di belakang Masjid Agung An Nur, Pekanbaru.

2. Warung Bude 46

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Warung Bude menyediakan menu sarapan seperti lontong sayur seharga Rp10.000, nasi pecel Rp14.000, soto ayam Rp12.000, dan menu lainnya. Ada juga beberapa snack dan gorengan dengan harga Rp1.500, sate kerang Rp3.000/pcs.

noname

Warung Bude ini adalah usaha turun temurun. Bude yang sekarang melayani dengan ramah adalah Bude Yani, putri dari bude yang pertama kali berjualan pada tahun 1983.

noname

noname

Kuah lontong sayur disini rasanya manis asin. Ditambah sedikit saos kacang yang legit di antara kerupuk merah dan mie kuningnya, serta ada potongan telur rebus.

Kedai ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang. Lokasinya berada di Jalan Tengku Zainal Abidin No.46, Kota Tinggi, Pekanbaru.

3. Bofet Buyung

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Lokasinya berada di Jalan Durian, kedainya berwarna biru mencolok bertuliskan Bofet Buyung. Tempatnya cukup luas dan memiliki lahan parkir. Sudah buka sejak tahun 2000an. Sempat heboh juga dulu karena kedai ini pernah dikunjungi Alm. Bondan Winarno dan mendapat stempel maknyus.

noname

Ketupat sayur disini kuahnya berwarna kuning kehijauan dari sayur yang segar. Rasanya dominan asin dan sedikit pedas. Terasa sekali rasa bawang putihnya beradu dengan ketupat, mie kuning yang kenyal dan kerupuk merah.

Harga ketupat sayur Rp8.000. Tambah Rp2.000 lagi jika ingin pakai telur rebus yang sudah ada dihidang di meja atau Rp1.000 dengan kerupuk cabe.

noname

Cabang lain dari Bofet Buyung ini ada di Jalan Teratai, seberang kantor imigrasi. Ternyata cabang yang ini sudah lebih dulu buka sejak 1987.

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Untuk rasa hampir identik dengan cabang satunya. Tapi harga ketupat sayur disini Rp7.000, lebih murah seribu. Sayang lahannya yang sempit, membuat kesulitan untuk parkir kendaraan.

noname

Selain ketupat sayur, ada juga menu sarapan lain seperti macam-macam bubur, lopis, serabi, dll. Tinggal pilih!

noname

Kedua Bofet Buyung ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Khusus hari Jumat hanya buka sampai 11 siang saja.

4. Lontong Uniang

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Sedang berada di Rumbai dan ingin sarapan lontong sayur? Mungkin bisa mampir ke kedai Lontong Uniang yang sudah mulai berjualan dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Kedai ini sudah ada sekitar 10 tahunan di Rumbai, dan baru saja tahun 2016 membuka cabang di Panam.

noname

Lontong gulai di sini kuahnya dominan asin tidak terlalu pedas dan sedikit encer.  Harganya Rp6.000, jika ditambah telur jadi Rp8.000. Nikmat jika didampingi dengan es teh tariknya yang manis dan creamy. Harganya Rp5.000.

noname

Ada berbagai macam jajanan pasar yang dihidangkan dengan harga kisaran Rp500 sampai Rp5.000.

Kedai Lontong Uniang ini berlokasi di Jalan Umban Sari (Patin). Untuk lebih mudahnya dekat dengan gerbang utama Politeknik Caltex Riau, masih lurus lagi sampai menemui Jl. Patria Sari di sisi kanan jalan, maka Toko Lontong Uniang tepat di sisi kiri jalan.

Apakah BroSis udah tau mau sarapan apa besok pagi? Tertarik untuk nyobain lontong sayur rekomendasi kami? Banyak pilihannya lho, ada yang dominan asin, pedas, dan manis sesuai selera. Kalau udah nyoba dan jangan lupa tinggalkan komentarnya.
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
1 Pesan
11 Desember 2017 09:31

Kedai lontong uniang yang jadi langganan keluarga kami setiap minggu. Lokasinya dekat, harga murah meriah, rasanya juga lumayan enak

Yasmin

Pesan