Soto campur Mas Agus, Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru

Kami berkeliling untuk menemukan 5 tempat menikmati soto paling enak di Pekanbaru! Are you ready to try them all?

1. Soto Bude Cemara

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Soto Bude adalah kuliner legendaris di Pekanbaru. Bayangkan, mereka sudah buka selama 70an tahun! Lokasinya berada di Jalan Cemara, Gang Cemara 1, Nomor 2. BroSis yang tinggal atau sering melintasi Jalan itu pasti familiar sama tempat ini. Dari Jalan Beringin bisa langsung masuk ke Jalan Cemara. Lurus lalu bertemu Gang Cemara 1 sebelah kiri.

noname

Jalannya cukup kecil dan sedikit menurun. Bagi pengendara mobil dapat mencari area parkir di sekitaran Jalan Cemara. Untuk menemukan Soto Bude, BroSis harus berjalan kaki sedikit dari persimpangan Gang. Beberapa meter setelah berjalan, tepatnya sebelah kanan ada rumah kecil yang dijadikan usaha soto.

Tempatnya sederhana, suasananya benar-benar seperti dirumah. Menu yang disediakan hanya satu, yaitu Soto.

noname

Semangkuknya dilengkapi dengan suwiran ayam yang uenak! Ada toge, bawang goreng, dan kuah yang sangat sedap. Rasa kuah kaldunya gurih dan segar, dilengkapin bihun dan sayuran. Hmm... You just can't resist this!

noname

Harga semangkuk Soto Bude ini Rp20.000, jika pakai nasi, tambah Rp5.000.

noname

Tidak buka setiap hari, hanya di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Selain hari-hari itu, mereka mempersiapkan bahan makanan. Mulai buka dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang. Jika banyak pengunjung, BroSis harus sabar menanti. Karena sering kali tempat ini dijadikan incarannya para pecinta kuliner.

2. Soto Garuda

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Di sekitaran Jalan Teratai, ada soto Padang yang populer. Soto Garuda namanya. Menjadi satu dari sekian banyaknya kuliner di Pekanbaru yang perlu dikunjungi. Sudah buka sejak 1976. Resepnya turun-temurun dari orang tua, namun tetap dijaga kualitasnya.

Soto daging paru termasuk yang paling digemari. Mencium aromanya saja sudah bikin perut keroncongan. Potongan kriuknya daging, paru, bihun, kentang, dan kerupuk merah buatan sendiri bikin kami ingin balik lagi. Nikmat sekali!

noname

Kami mencoba soto ini tanpa menambahkan kecap atau sambal, ingin merasakan kenikmatan aslinya. Ternyata udah enak! Kaldu dari daging juga memberi rasa khas yang tasty banget.

noname

Semangkuk Soto Daging Kering + Paru serta dilengkapi dengan Nasi harganya Rp24.000.

Untuk mengunjungi Soto Garuda, BroSis bisa mampir ke Jalan Teratai Atas No. 195. Lokasinya bisa dijangkau dari Jalan Durian. Sampai sekarang ada 4 cabang Soto Garuda, 3 di Padang, 1 di Pekanbaru. Disebut Soto Garuda, karena awal pertama kali dibuka, usaha ini berjalan disebuah Hotel Bernama Garuda. Lokasinya di Padang.

noname

Buka setiap hari kecuali Jumat. Hari Senin sampai Kamis buka jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Khusus Sabtu dan Minggu, buka jam 7 pagi hingga jam 9 malam.

3. Soto Mas Agus

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Jika BroSis berada di Jalan Ahmad Yani, silakan mampir ke warung soto "Mas Agus". Letaknya di seberang Apartemen The Peak. Meski warungnya sederhana, Soto Mas Agus ini digemari banyak pengunjung. Soto disini memiliki cita rasa khas Jawa Timur.

Mas Agus mengolah sendiri semua bahan dari awal proses hingga bumbu masaknya. Pengunjung yang datang, bisa melihat langsung bagaimana Mas Agus mempersiapkan setiap mangkuk soto.

noname

Mie yang sudah disiapkan diatas mangkuk ditaburi toge, kol, tomat, telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Lengkap juga dengan pilihan isian mulai dari ayam, daging, babat, ati ampela, atau campuran keempatnya. Bebas sesuai dengan permintaan. Setelah bahan-bahan sudah lengkap, kemudian disiram dengan kuah ayam.

noname

Aneka rempah membuat kuahnya begitu lezat. Warna kuah yang kuning kecoklatan pun membuat selera makan langsung bertambah. Nah, pengalaman makan kali ini, kami mencoba memesan Soto Campur.

noname

Potongan dagingnya lembut, kuahnya encer bening. Untuk pelengkap rasa, biasanya ditaburi koya. Hmm.. mantap! Untuk menikmati Seporsi Soto Campur, harganya Rp30.000. Jika tambah nasi Rp2.000. Seporsi Soto Ayam atau Ampela Rp10.000, sedangkan Soto Daging atau Babat Rp15.000.

noname

Soto Mas Agus sudah buka sejak tahun 2011. Buka setiap hari, mulai jam setengah 8 pagi hingga jam 3 siang.

4. Rumah Soto Simpang Tiga

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Dikenal dengan nama Rumah Soto Simpang Tiga karena Rumah soto ini letaknya persis di Simpang 3, Jalan Kaharudin Nasution Pekanbaru. Kalo lagi jam makan pagi atau siang, banyak mobil dan motor berjejer untuk mampir ke sini, harus siap-siap rebutan tempat.

noname

Begitu duduk langsung ditanya menu apa yang mau dipesan. Kebanyakan pengunjung menyukai menu Soto Dagingnya. Begitu pesanan mereka datang menghampiri, wangi kaldu sapi langsung tercium. Kuahnya bening sedikit kekuningan dengan bercak-bercak kecil minyak.

noname

Pesanan disajikan dalam sebuah mangkuk dan piring kaca. Semangkuk soto dilengkapi daging, bihun, toge, daun sop, bawang goreng, serta cincangan seledri. Begitu dicicipi akan terasa nikmatnya kuah soto, berpadu dengan daging sapi empuk, bihun lembut, rempah-rempah nikmat dan cincangan seledri yang renyah segar.

Harga semangkuk Soto Daging adalah Rp18.000.

Oh ya, kami juga memesan es doger disini. Minuman ini adalah yang terlaris dipesan sebagai pendamping makan soto. Penyajiannya hanya disiram air doger lalu diberi es batu, kemudian siap dinikmati. Rasa manisnya pas. Segelas es doger bisa jadi moodbooster-nya BroSis yang bikin semangat beraktivitas kembali.

noname

Segelas Es Doger nikmat ini harganya Rp6.000.

Buka setiap hari kecuali Jumat, mulai jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Warungnya sudah ada dari tahun 1970-an, dan kini sudah dikelola oleh generasi kedua.

5. Soto Bude KH Nasution

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Soto Bude KH Nasution sudah berjualan dari tahun 1962. Warungnya terlihat selalu ramai. Kalau mau kesana, BroSis tinggal ke Jalan Kaharuddin Nasution, Marpoyan (setelah pertigaan). Ada ruko besar dan plang nama bertuliskan Soto Bude.

noname

Disini tersedia Soto Ayam dan Soto Daging. Yang kami pesen, soto daging dengan 1 porsi nasi. Disajikan dalam keadaan hangat mengepul. Kuahnya berwarna kekuningan. Isinya dilengkapi toge, daun sup, daun bawang, remahan bawang goreng, kerupuk merah dan juga bihun.

noname

Kalo dimakan saat cuaca dingin, pas banget. Soalnya bisa sekalian menghangatkan tubuh. Potongan dagingnya empuk dan wangi. Ga butuh waktu lama untuk ngabisin satu mangkok begini. Hap!

noname

Disini juga ada penyetan tempe atau tahu. Cara favorit makan tempenya? Pakein saos sambal, nikmat!
Soto Daging atau Ayam semangkuknya Rp 20.000, pakai nasi tambah Rp4.000. Gorengan tempe atau tahu di sini, harga satuannya Rp2.000.

Soto Bude buka setiap hari, mulai jam 6 pagi hingga jam 2 siang.

Mencari tempat soto enak di Pekanbaru? Kunjungi saja 5 tempat yang kami rekomendasikan di atas. Dijamin BroSis pasti akan ketagihan! Jika punya rekomendasi kedai soto lainnya, silakan tulis rekomendasi BroSis di kolom komentar ya!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
2 Pesan
26 Januari 2018 17:18

Soto Padang favorit saya Minang Soto di Jl.Paus/Jl.Pattimura, Rumbai. Minang Soto Jl. Pattimura, Lembah Damai, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau 28266 https://goo.gl/maps/45cLC3ARY1p Skrg udah ada cabangnya di Jl.Ahmad Yani, Pekanbaru. Minang Soto Cabang Rumbai Jl. Jend. Ahmad Yani No.8E, Kota Baru, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28156 https://goo.gl/maps/Cy1bB6aWaM32

Harli Arbian

28 Januari 2018 21:18

bagus

Ramli

Pesan