Rumah Batik Andalan, Salah Satu Unit Usaha Binaan Community Development (CD) PT RAPP

Mengenang perjalanan ke Pekanbaru bisa lewat cenderamatanya yang unik. Tim BroSisPKU telah merangkum daftar tempat berbelanja oleh-oleh khas Pekanbaru. BroSis tidak perlu bingung dimana harus membelikan oleh-oleh untuk rekan kerja maupun kerabat. Tandai dan catat lokasinya ya!

1. Kain Tenun Khas Riau


noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Cenderamata berupa kain tenun khas Riau dapat ditemukan di Rumah Tenun, lokasinya berada di Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru.

Tempat produksi tenun ini dibangun pada tahun 1887 oleh H. Yahya, seorang tauke getah ternama pada masa itu. Dulu, masa awal perang kemerdekaan, Rumah Tenun dijadikan sebagai gudang logistik dan dapur umum para pejuang.

Ada 3 Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang setiap harinya membuat kain tenun khas Riau. Untuk membuat sebuah tenun, pengerjaannya menggunakan gerakan tangan serta gerakan kaki. Jadi jangan heran jika harga selembar tenun mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Proses pembuatannya membutuhkan waktu serta ketekunan ekstra.

noname

Bahan yang digunakan juga bahan baku khusus, yakni benang impor dari Singapura. Harga kain tenun yang dijual bervariasi. Kain dengan ukuran 2 meter dijual dengan harga Rp700.000 hingga jutaan rupiah. Di sini juga ada selendang tenun cantik yang dapat dibeli seharga Rp50.000.

noname

BroSis yang berminat membeli tenun atau melihat proses pembuatan tenun secara langsung, bahkan ingin belajar bertenun, silakan kunjungi Rumah Tenun Kampung Bandar. Rumah ini dibuka setiap hari untuk pengunjung.

2. Batik Bono

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Provinsi Riau memiliki kain batik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satu produsen batik tersebut adalah Rumah Batik Andalan. Rumah Batik Andalan merupakan unit usaha binaan Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Berlokasi di Pelalawan, Rumah Batik Andalan menawarkan kain batik dengan berbagai motif dan warna.

noname

Dibuat dengan proses manual, yakni batik cap dan batik tulis. Produksi batik di Rumah Batik Andalan ini memiliki keunikan tersendiri, karena motif-motif yang dihasilkan pun mengadaptasi berbagai hal yang ada di Provinsi Riau. Ada motif pucuk rebung, motif bolu kemojo, lalu kekayaan flora dan fauna pun tak luput untuk dijadikan motif batik seperti akasia dan teratai.

Tak hanya itu, untuk menambah ciri khas Batik produksi Rumah Batik Andalan, terdapat juga motif khusus yakni Batik Motif Bono. Mengadaptasi Gelombang "Bono" yang terkenal. "Bono" merupakan gelombang kecil yang terdapat Di Sungai Kampar tepatnya Teluk Meranti, Pelalawan. Pada motif tersebut terdapat gambar peselancar yang sedang berselancar di Gelombang Bono.

noname

Kain batik cap dijual mulai dari Rp200.000 sampai Rp300.000 per potong. Sedangkan kain batik tulis dijual mulai dari Rp350.000 sampai Rp500.000 per potong. Selain itu, Rumah Batik Andalan juga menerima pesanan kain batik dengan motif khusus yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan.

Bagi BroSis yang berminat membeli batik khas Riau ini bisa langsung mengunjungi Kompleks BPPUT, Townsite 2 PT RAPP, Pangkalan Kerinci, Pelalawan. BroSis bahkan bisa ketemu langsung dan mencoba membatik! Tapi kalau sudah ga keburu, bisa juga beli batiknya di Hotel Sri Indrayani, Jalan Sam Ratulangi, Pekanbaru.

Ingin beli online? Bisa juga lho! Cek instagramnya @rumahbatikandalan atau website resminya www.batikbono.com

3. Miniatur

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Cenderamata berupa miniatur kota Pekanbaru atau ikon khas melayu dapat ditemukan berupa tempat pena, piring berukir, gantungan kunci, lonceng, diorama mini, dll. Miniatur yang dijual antara lain Tugu Zapin, Perahu Lancang Kuning, Pakaian Adat Melayu, Keris Melayu, dll.

noname

Di Pasar Bawah, barang-barang tersebut mudah ditemukan. Ada beberapa toko yang menyediakan. Harga gantungan kunci Rp50.000 isi 5 buah, piring berukir Rp60.000, dan tempat pena Rp75.000. Silakan menawar harga jika BroSis berniat membeli lebih.

noname

4. Kaos Pekanbaru

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Biasanya kalau mendatangi suatu kota, akan ada toko yang menjual kaos dan aksesoris bertuliskan kota tersebut. Tentu saja Pekanbaru juga menyediakan souvenir ready to wear.

Aneka t-shirt, kemeja, topi, dan atribut lainnya bertuliskan Pekanbaru dengan desain menarik dapat dijumpai di Pasar Bawah. Ada banyak jenis kualitas kaos yang ditawarkan. Paling murah mulai dari Rp100.000/4 buah.

noname

5. Pakaian Adat Melayu

noname

 Lihat Lokasi di Google Map 

Membeli pakaian adat melayu menjadi salah satu rekomendasi kami untuk cenderamata. Untuk pakaian wanita, terdapat satu set pakaian melayu. Disini banyak yang menjual berbagai bahan kain. Biasanya kain atasan polos dipadu dengan bawahan dan selendang berupa songket atau tenun.

noname

Pembeli bisa menyesuaikan ukuran dan juga bebas berkreasi. Harga mulai Rp100.000 untuk sepasang atas bawah. Semakin mewah, harganya semakin naik, bisa sampai jutaan.

noname

Pakaian adat pria disebut teluk belanga, terdiri dari atasan, kain samping, celana, dan ikat kepala. Nama lain dari ikat kepalanya adalah tanjak, harga Rp75.000. BroSis dapat menemukan pakaian adat ini di Pasar Bawah lantai 1.


Semoga BroSis sudah punya ide kenang-kenangan apa yang akan dibawa pulang dari Pekanbaru ya!
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan
Pesan