Pasar Bawah Pekanbaru, Objek Wisata Belanja Terpopuler

Pasar Bawah memenangkan kategori obyek wisata belanja terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017. Gedung pasar ini punya banyak oleh-oleh yang bisa BroSis beli jika ke Pekanbaru. Nama Pasar Bawah diberikan oleh masyarakat Pekanbaru, karena pasar ini terletak di bagian bawah (dekat pinggiran Sungai Siak) yang konturnya lebih rendah.

Belum pernah ke Pasar Bawah? Tim BroSisPKU menjelajah dari lantai ke lantai dan ini full report-nya.

Lantai Basement

Turun melalui tangga dari parkiran, maka sampailah di lantai basement. Disini dijual berbagai keripik khas Melayu dan Minang. Di lantai yang sama, terdapat penjual kaos khas Pekanbaru.

noname

noname

Masuk lebih dalam lagi akan dijumpai penjual gorden berwarna-warni. Bisa langsung beli jadi atau pilih kainnya dan request untuk dijahitkan.

noname

Teruslah berjalan, maka akan menjumpai pasar basah. Dijual berbagai rempah-rempah, bumbu dapur, ikan asin, ikan salai, dan lain-lain. Untuk khas dari Riau adalah ikan salai, yakni ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan dengan proses penyalaian (pengasapan). Ikan ini sangat populer, cocok untuk dijadiin oleh-oleh.

noname

Bumbu dapur yang menjadi favorit adalah sambal yang digiling secara langsung. Disini banyak pilihan cabe segar lho! BroSis bisa request supaya cabenya digiling langsung oleh penjual. Ga cuma cabe, bumbu-bumbu lainnya juga bisa. Rasanya dijamin lebih nikmat!

noname

Lantai 1

Naik tangga satu lantai kita akan sampai di lantai 1 dan menjumpai aneka pakaian, oleh-oleh Pekanbaru, serta perlengkapan rumah.

noname

Toko pakaian di lantai 1 mencakup tas, sepatu wanita, perhiasan, baju khas melayu, dan aneka tenun songket. Harga bervariasi, sebagian besar berupa kain untuk baju khas melayu serta songket. Perhiasan disini dominan perak dan stainless steel dengan hiasan batu kristal, jadi tetap terlihat cantik meski bukan emas dan berlian.

noname

Pasar bawah menyajikan berbagai cenderamata khas Pekanbaru, seperti gantungan kunci, miniatur, piring berukir, tempat pena, dll. Di lantai ini juga banyak toko yang menjual jajanan tradisional serta modern. Ada jajanan Riau, Malaysia, hingga Singapore.

noname

Ingin mempercantik tempat tinggal dengan perlengkapan rumah tangga? Tersedia toko penjual keramik antik, taplak meja, bantal shabby renda, serta aneka bunga plastik warna-warni.

noname

noname

Lantai 2

Naik lagi ke atas kita sampai di lantai 2. Di lantai ini juga dijual kaos khas Pekanbaru yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

noname

Pakaian pria cukup lengkap di lantai ini. Tersedia dari mulai sepatu, tas, ikat pinggang, jeans, kemeja, dan lainnya. Untuk pakaian wanita, ada gaun pesta, kaftan, baju sehari-hari, sampai pakaian dalam. Ada juga kumpulan toko yang menjual perlengkapan haji, lengkap dari mulai busana ihram, sarung, mukena, sajadah, dan peci.

noname

Lantai 3

Naik ke lantai 3, disana hanya ada satu toko yang buka di dekat tangga. Yang lainnya sudah tutup. Tetapi jangan lewatkan untuk naik ke sini karena ternyata terdapat penjual pakaian bekas. Kalau beruntung bisa menemukan barang bermerk dengan harga miring.

noname

Di lantai ini tersedia musholla.

noname

Toko Sekitar Bangunan Utama

Setelah mengelilingi bangunan utama Pasar Bawah, jangan lupa cuci mata ke toko sekelilingnya, yakni sekitaran Jalan Saleh Abbas, Jalan Kota Baru, dan Jalan Moh. Yamin. Di dekat pasar utama ini, berjejer toko dominan fashion dan alat rumah tangga, seperti seprai, karpet, pecah belah, peralatan memasak, dan lainnya.

noname

Di Jalan Kota Baru, ada berbagai jenis toko yang menjual ban bekas, keperluan medis (seperti kursi roda), peralatan kamar mandi (seperti kloset duduk bekas), elektronik bekas, dan lain-lain.

noname

Silakan menawar saat membelinya agar memperoleh harga miring. Jangan lupa berkeliling dahulu karena bisa jadi ada barang favorit BroSis di toko lain.

Lapar saat menjelajah? BroSis bisa mampir ke rumah makan di sekitar pasar, atau jajan di gerobak sekitar.

Apakah BroSis sudah siap menjelajah Pasar Bawah? Silakan datang ke Kampung Dalam, Senapelan, Pekanbaru, buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Kalau lupa bawa uang jangan khawatir, karena disini juga tersedia ATM.
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan
Pesan