Program Pembuatan Film, Komunitas Film Pekanbaru (Komfek)

Komunitas Film Pekanbaru (Komfek) awalnya didirikan di Pekanbaru 9 Februari 2014 oleh Muhammad Abdurrasyid. Ia adalah salah satu anak Riau yang pernah belajar film di Institut Kesenian Jakarta, jurusan Sutradara. Komfek ini didirikan karena banyaknya keinginan dan juga kemauan para anak muda Pekanbaru untuk belajar mengenai dunia perfilman. Pendiri akhirnya berinisiatif mewadahi anak muda dengan memberikan ruang dan tempat untuk berkarya.



Komunitas ini memiliki banyak aktivitas bahkan program rutin:

Pelatihan Membuat Film

Di komfek, teman-teman yang baru gabung akan dilatih terlebih dahulu dalam hal materi film sebelum memulai sebuah produksi. 

noname

Disana para anggota akan belajar bersama-sama, dimulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. 

Nonton Bareng dan Diskusi Film

Selain latihan produksi sebuah film pendek, di komfek juga memiliki kegiatan nonton dan diskusi film bersama. Film yang didiskusikan adalah film-film pendek karya teman-teman komunitas yang ada di daerah-daerah atau film komfek sendiri yang baru selesai diproduksi. Namun jika ada waktu yang cukup, diadakan diskusi serius film yang cocok untuk didiskusikan. 

noname

Fungsi dari diskusi adalah untuk mempelajari teknis-teknis, proses pembuatan film, hingga bagaimana alur cerita film tersebut.

Diskusi Mingguan

Diskusi mingguan ini biasanya dilakukan rutin setiap hari jumat malam dan minggu sore. Di hari Jumat, membahas program-program komfek, diskusi dan sharing mengenai perfilman yang sedang hangat menjadi topik pembahasan.

noname

Sedangkan di hari Minggu, lebih fokus kemateri produksi sebuah film pendek dan praktek produksi film.

Hiburan Bareng

Untuk hiburan bareng, komfek melakukan jalan-jalan ke tempat wisata bersama seluruh anggota. Fungsi dari hiburan bareng ini untuk memperkuat kekeluargaan komfek karena asas didirikannya komfek adalah kekeluargaan.

noname

Beginilah struktur kepengurusan Komunitas Film Pekanbaru (Komfek):

Dian Eka Wijaya (Ketua)
Elychia Agustin (Sekretaris)
Annisa Laila (Bendahara)
Said Rahmad Hidayat (Humas)
Muhammad Azhar (Penanggung Jawab Produksi)

Selain program kegiatan tersebut, ada juga talkshow-talkshow mengenai film dan juga workshop pembuatan film pendek. Kegiatan ini bekerja sama dengan beberapa instansi/organisasi, bahkan komunitas yang ada di Pekanbaru.

noname

Untuk info kegiatan komfek, BroSis bisa cek di akun instagram @komfek_pictures. Kalau mau melihat kegiatan-kegiatan mereka, bisa langsung datang ke basecamp komfek di Jalan Cipta Karya Gang Sepat Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan Pekanbaru.

Bagi yang berminat gabung dengan komunitas ini, BroSis cukup membawa persyaratan fotokopi identitas seperti KTP, SIM, dll. Lalu bersedia mengisi formulir keanggotaan yang disediakan oleh komfek. Untuk contact person, bisa menghubungi via Telp/WhatsApp 082170087155 (Ketua Komfek).
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
0 Pesan
Pesan