PEKANBARU – Senin (24/9/2018), telah dibuka pameran Pekanbaru Bandar Kartun Festival ke-7 di Mall Living World. Pameran ini berlangsung dari tanggal 24 sampai dengan 30 September 2018.

Retrospektun adalah bentuk retrospeksi atas perjalanan 20 tahun dari Sindikat Kartunis Riau (Sikari). Dibentuk sejak tahun 1998, kegiatan pertamanya adalah pameran kartun bersama di gedung Dang Merdu. Sempat terbit majalah kartun-komik namun akhirnya vakum. Ada juga Klinikartun, yaitu pelatihan seni kartun-komik-karikatur yang dilakukan secara berkala.

Rangkaian acara dimulai pada jam 20.30 oleh sambutan dari ketua Sikari yaitu Bapak Furqon Elwe. “Tema pameran adalah Kartun 4.0 , yaitu mengusung fenomena revolusi industri ke-4, dengan fokus industri kreatif. Tak bisa dipungkiri bahwa agar tidak tergilas zaman, kita harus beradaptasi dengan keadaan yang hampir semuanya online,” kata Bapak Furqon.

Para kartunis yang berpartisipasi lalu diperkenalkan di panggung, terutama kartunis Riau. Ada juga kartunis dari luar kota yang turut serta menyumbangkan karya tetapi  tidak dapat hadir. Setelah itu sambutan oleh Walikota Pekanbaru yaitu Bapak Firdaus MT.

“Minat baca di Indonesia cukup rendah dibandingkan dengan negara lain. Diharapkan dengan adanya kartun dan komik dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Dari sana dapat diselipkan berbagai pelajaran dan nilai budaya yang mendidik,” kata Bapak Firdaus. Beliau juga berpesan bahwa smart people adalah modal pembangunan bangsa. Kembangkan kreativitas dan inovasi.

Peresmian digambarkan secara teatrikal perjalanan industri 1.0 hingga 4.0 , dan Walikota dipersilahkan menandatangani pembukaan menggunakan stylus dan tablet sebagai simbol siap menyambut era teknologi online.

Pembukaan ditutup dengan mempersilakan pengunjung berkeliling melihat pameran. Selama periode pameran, juga akan ada event lainnya seperti say-toon, jamstrip komik, carricature battle, doodle spot, mini workshop, dan studytoon.

Ingin kami meliput atau menulis tentang kegiatan usaha Anda? Launching produk baru, promo, grand opening, dll? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:
0 Pesan
Pesan