Jajanan di Pekanbaru memang beragam banget. Selain makanan tradisionalnya yang enak-enak, kota ini juga kreatif terus menciptakan jajanan unik yang menarik minat banyak orang. Berikut 11 tempat jajan asyik di Pekanbaru.

1. Martabak Purnama


noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Ada yang doyan beli martabak di sini? Martabak khas Medan, fenomenal dari tahun 1999.

Mereka punya banyak varian seperti martabak manis dan asin. Kami pesen menu yang paling mantep, Martabak Campur Special. Berisi potongan daging sapi, ayam dan jamur. Dagingnya tebel, kulitnya renyah, saosnya juga enaaakkk banget!! Bikin kenyang. Harga Martabak Campur Special Rp70.000.

noname

Bedanya menu special dan biasa hanya dari segi ukuran. Kalo pesennya special akan lebih tebel, dan lebih puas. Apalagi dimakan pas masih panas2 garing begitu, makin mantep. Martabak Purnama agak sedikit berbeda dengan martabak-martabak lainnya. Mereka membuatnya dengan cara digoreng pakai minyak, bukan dipanggang. Kuahnya pun pakai kuah saus.

Buat yang mau nyobain, kuy mampir ke Jalan Sudirman samping Happy Puppy Karaoke. Depan Eighthreeight Cafe. Martabak Purnama berbentuk warung tenda. Berjualan setiap hari, dari jam setengah 6 sore sampai jam 12 malam.

2. Es Cendol Pak Jenggot

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Pasti sudah gak asing kan dengan cendol yang satu ini. Cendol yang berlokasi di Jalan Prof. M. Yamin ini memang udah terkenal banget. Tempatnya sederhana, cuma dengan gerobak di pinggiran jalan kemudian ada kursi dan meja panjang yang dijejerin di lorong diantara 2 ruko dibelakangnya.

Nikmatnya cendol dengan gula enaunya yang kental mirip kayak karamel ini bikin selalu kebayang. Memang kuliner yang cocok dengan suhu Pekanbaru yang cenderung panas gini. Siang-siang terik makan es cendol ini, adem!

Cendol Pak Jenggot sudah puluhan tahun ada di Pekanbaru dari tahun 1984. Untuk harga Rp12.000 per porsi. Es Cendol Pak Jenggot ini termasuk salah satu kuliner yang direkomendasiin banget di Pekanbaru.

3. Kerupuk Jengkol Bu Yusnimar

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Kerupuk jengkol, loved by many, hated by some. Buat para pecintanya, Karupuak Jariang ini enak dan bikin nagih. Walaupun mulut bisa bau berhari-hari, garing dan pahit kerupuk ini susah buat ditolak.

Di Pekanbaru, kerupuk jengkol bisa kita temui di Jalan Sam Ratulangi. Sepanjang jalan, BroSis akan melihat lapak-lapak yang terhias dengan kerupuk jengkol yang digantung. Mereka mulai berjualan dari pagi hingga malam hari.



Salah satu penjualnya yang kami temui adalah Bu Yusnimar. Beliau sudah memiliki 8 lapak yang tersebar di Pekanbaru.

Lapak-lapaknya ada di:
- Jalan Riau ada 2 lapak
- Dibawah jembatan belum siap yang ada di pelita pantai ada 1 lapak
- Jalan Pepaya ada 1 lapak
- Jalan Belimbing ada 1 lapak
- Jalan Sam Ratulangi ada 3 lapak

Setiap harinya semua lapak buka dari jam 10 pagi. 7 cabang yang lain bukanya hanya sampai jam 6 sore saja. Hanya 1 saja yang buka sampai setengah 12 malam yaitu salah satu dari 3 yang ada di Jalan Sam Ratulangi.

Untuk harga:
- Mentah Rp2000/buah
Yang sudah digoreng:
- Isi 12 buah/Rp30.000
- Isi 20 buah/Rp50.000
- Isi 50 buah/Rp125.000

4. Mini Brown Pekanbaru

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Cake yang lumer jajannya di Mini Brown Pekanbaru. Cheese cake-nya begitu soft, fluffy dan creamy. Bentuknya yang bulat punya empat varian rasa, yaitu original, oreo, matcha, dan coklat. Bisa buat cemilan atau oleh-oleh juga!

noname

Lokasinya berada di Jalan Tuanku Tambusai Nomor 419 dan MTC Metropolitan/Giant, Panam. Buka setiap hari, jam 8 pagi sampai jam setengah 10 malam.
Harga Cheese Cake Mini Brown mulai dari Rp90.000 hingga Rp110.000

5. Pukis Padusari

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Siapa yang tak kenal dengan pukis yang satu ini. Salah satu kuliner legendaris di kota ini dalam kategori street food. Cemilan yang hanya bisa dijumpai saat malam ini sudah ada sejak tahun 1982. Wow kan, wow banget.

Pukis Padusari ini bertempat di Jalan Sudirman di pedestrian dekat Mall Pekanbaru. Tepatnya didepan toko Tulip Bakery dan Kia Keramik. Kalau BroSis melintas di Jalan Sudirman pasti keliatan gerobaknya di pinggiran trotoar.



Untuk harga sebenarnya variatif. Di Pukis Padusari untuk varian rasa nanas, strawberry, kacang coklat, pisang, pandan, dan jagung harganya Rp2000 saja. Sedangkan untuk varian rasa keju dan nutella dihargai Rp2500 dan Rp3000.

6. Putu Bambu

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Cemilan gak melulu harus kekinian. Masih banyak cemilan tradisional yang masih bisa dijadikan pilihan. Putu bambu misalnya. Cemilan yang satu ini memang tidak semudah dulu menjumpainya. Dulu gampang, para penjual putu bambu sering lewat di rumah-rumah dengan menggunakan sepeda dan suara tuuut-nya yang khas.

Putu bambu yang enak bisa BroSis temui di simpang Jalan Melur – Jalan Cempaka, Sukajadi, Pekanbaru. Buka sejak tahun 2011. Mulai berjualannya dari jam 5 sore sampai dengan jam 11 malam. Eh, tapi ini gak berkeliling ya, mereka stay.

noname

Putu disini warnanya putih. Gak hijau seperti yang biasanya kita lihat. Menurut info dari penjualnya sih katanya gak mau buat yang warna hijau, karena kalau dingin, putunya mengeras. Selain putu bambu, tersedia juga kue putu ayu, mayong, ongol-ongol, dan kue basah lainya. Gorengan seperti pastel dan risoles juga ada.

Harga semua kuenya sama Rp5.000 dapet 4 buah, boleh campur-campur.

7. Cakwe M. Yamin

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Di persimpangan lampu merah antara Jalan M. Yamin dengan Jalan Ahmad Yani, ada penjual cakwe khas Bengkalis. Per pcs harganya Rp3.000, baik yang asin ataupun manis. Yang asin bentuknya panjang, sedangkan manis berbentuk bulat. Masing-masing teksturnya sedikit crunchy dan lembut di dalam. Favorit pembeli adalah yang rasanya asin.

noname

Buka dari jam setengah 2 siang sampai jam 5 sore. Cakwe yang dijual polosan tidak ada topping-nya. Sudah berjuakan lebih dari 10 tahun.

8. Pisang Cokelat Panam

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 


Di Jalan HR Soebrantas Panam, ada beberapa pisang keju yang enak. Salah satunya penjual di gerobak kuning bertuliskan Pisang Goreng Coklat Keju – Wen Star Banana. Cara mudah mencarinya adalah persis di seberang jalan Honda Riau Motor, atau antara Alfamart dengan Jalan Taman Karya.

noname

Buka dari jam setengah 6 sore sampai jam 12 malam. Banyak varian rasa, yang favorit adalah original coklat keju dan green tea. Harga Pisang Coklat Keju Rp10.000, ini super enak, renyah kulit pisangnya, topping keju dan coklat tidak pelit, sudah dibiarkan dinginpun masih enak.

9. Jagung Bakar

Makan jagung bakar adalah salah satu aktifitas favorit di Pekanbaru. Ada 2 tempat yang paling populer untuk ngemil jagung bakar menurut tim @BroSisPKU. Disini tempatnya:

Jagung Bakar di bawah Jembatan Leighton

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Berada di Jalan Perdagangan persis di bawah jembatan Leighton. BroSis akan menemukan lapak-lapaknya berjejer di pinggiran sungai Siak. Sudah cukup lama juga mereka berjualan jagung bakar di lokasi ini. Bahkan ada yang sudah berjualan 30 tahun.

Harga jagung bakar disini Rp7.500 per buah. Selain jagung bakar, juga bisa bisa menikmati pisang bakar. Harganya juga sama Rp7.500 per porsinya.

Asiknya menikmati jagung bakar disini adalah bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan sungai Siak yang tenang dan indah diterangi oleh lampu-lampu jembatan.

Jagung bakar MTQ

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Melintasi Jalan Sudirman menuju arah MTQ, dari kejauhan akan terlihat asap putih yang membumbung tinggi. Itu adalah asap dari hasil pembakaran arang para penjual jagung bakar.

Ada banyak kursi berjejer disediakan untuk BroSis yang ingin menikmati jagung bakar sambil nongkrong bersama teman atau keluarga. Sama seperti para penjual di area jembatan Leighton, disini kita juga bisa menikmati pisang bakar.

Harga jagung bakar disini juga sama Rp7.500 perbuahnya. Varian rasanya juga sama seperti jagung bakar pada umumnya. Ada rasa manis, pedas manis, dan pedas. silakan request sesuai selera.

10. Lamang Tapai

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Ternyata tidak sulit membeli lamang tapai di Pekanbaru, tidak perlu menunggu bulan Ramadhan. BroSis dapat membelinya di sepanjang Jalan Sudirman dari jam 12 siang sampai jam 5 sore. Salah satu penjual yang kami temui bernama Bu Noni (31 tahun), ia sudah berjualan lamang tapai di depan kantor PT. Taspen sejak tahun 2009.

Lamang tapai adalah makanan atau jajanan pasar tradisional khas minangkabau yang terbuat dari beras ketan. Lamang tapai dimasak menggunakan medium bambu dan disajikan bersama dengan tapai atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan tapai ketan hitam. Ada juga yang makan dengan durian atau daging rendang untuk sensasi berbeda.

noname

Satu batang lamang seharga Rp40.000. Dapat dijadikan 16 potong dan awet selama 2 hari di luar kulkas. Untuk tapai ketan hitamnya beliau buat sendiri. Harganya Rp15.000, dan jika dimasukkan kulkas awet sampai 3 hari.

11. Keripik Pasar Bawah

noname
 Lihat Lokasi di Google Map 

Di Pasar Bawah, banyak pedagang yang menjual aneka keripik. Ada keladi, kanepo, karak kaliang, keripik sanjai, keripik bayam, keripik singkong, dll. Metode pembelian di sini ditimbang sesuai dengan berat. Harga rata-rata Rp40.000/Kg. Jika BroSis semakin banyak membeli, maka akan semakin murah harganya.

Pedagang jajanan keripik ini buka setiap hari, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Lokasinya di basement Pasar Bawah dekat parkiran.

Setelah baca artikel ini, apakah BroSis sudah siap berburu jajanan di Pekanbaru? Jangan lupa bawa juga untuk keluarga di rumah, ya!

Referensi:

Mini Brown Cheese Cake

Jalan Tuanku Tambusai/Nangka No.419
Tutup
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
1 Pesan
20 September 2018 16:55

Cakwe sepertinya yang jalan moh.yamin juga tapi kedai kopi cakue pas sebelah kdaikopi oma moh.yamin yang lebih enak, dan legendaris. Martabak mesir ysng di kedai kopi oma moh.yamin juga worth to mention sih. Yaps. :) good review

Ryan

Pesan