Lontong Pecel Bude yang Sederhana, Rasa Luar Biasa

 Lihat Lokasi di Google Map 

Berbelanja di Pasar Sago (dekat Pasar Bawah) Pekanbaru tidak lengkap kalau tidak membeli sarapan lontong pecelnya bude. Biasa dipanggil "Bude", ibu yang bernama lengkap Hj. Natirahasli sudah berjualan lontong pecel sejak tahun 1986 disini.

Posisi berjualannya, kalau memasuki Pasar Sago dari arah Jalan Juanda, kita akan melihat kios-kios buah berjejer di sebelah kanan. Nah, lapaknya bude ini ada di belakang jejeran kios buah yang terakhir, atau didepan toko bahan-bahan kue. Tersembunyi, kecil, tapi tidak boleh terlewatkan!



Lapaknya hanya berbentuk etalase saja. Tidak ada kursi dan meja karna memang bude hanya menjual untuk bungkus, tidak makan di tempat. You might need to queue to buy this!

Bude berjualan setiap hari dari jam 6 pagi dan biasanya sekitar jam 8 pagi sudah tutup karena habis. Rata-rata orang yang membeli lontong pecel bude ini selalu lebih dari 2 bungkus. Penggemarnya banyak! BroSis yang pengen, harus datang cepat kalau ga mau kehabisan.

Lontong pecelnya bude ini memiliki rasa yang khas karena bumbu kuah kacangnya buatan sendiri dari resep yang beliau buat bersama orang tuanya. Rasa "Jawa"-nya dapet banget. Enaaakk. Porsinya sedikit kecil. Kalo mau lebih nendang, makan dua! Hahaha. Makin lengkap dan endes lagi jika ditambah dengan peyek kacangnya. Yum!

Harga lontong pecelnya Rp 8.000/bungkus. Peyek Rp 2.000/bungkus.

Setelah selesai bungkus, saran saya, mampir lah ke penjual jajanan pasar di sebelahnya. Favoritnya ada dua. Roti kukus Srikaya dan Lumpia Goreng! Dua kue yang wajib dinikmati. Enaknya bikin gak mau berhenti!



Selain lontong pecel, bude juga menjual bumbu pecelnya, perkilo dihargai Rp 50.000. Bumbu pecel bude ini bisa dibilang kini sudah menjadi kuliner oleh-oleh. Kenapa begitu? Karena banyaknya wisatawan dan orang-orang Pekanbaru yang sudah membawa bumbu pecelnya sampai ke luar kota dan luar negeri seperti Jakarta, Jogja, Bandung, Singapura, Kuala Lumpur, bahkan sampai Australia. Wow!

For me this is a true hidden gem. A must try!
Gimana, kapan mau coba nih BroSis?
Ingin usaha BroSis di-review? Silakan baca Want Us To Write About You?
Punya informasi dan saran untuk membuat BroSisPKU lebih baik? Silakan hubungi kami via email admin@brosispku.com.
Share Artikel ini:

Admin @BroSisPKU

Programmer yang menyenangi traveling dan kulineran. Memulai Instagram @BroSisPKU sejak 5 Oktober 2014 dan belum berniat berhenti posting hingga hari ini. Bermimpi keliling dunia tapi gak lupa mengangkat nama Pekanbaru juga. Ayok kita kemana?
1 Pesan
07 Februari 2018 23:07

Dijalan sakuntala persis depan sekolah SD129. Enak juga. Kepo...coba bandingkan.

Widodo

Pesan